Sukses

Sakit Kepala Dan Rambut Beruban

02 Apr 2016, 10:42 WIB
Pria, 24 tahun.

Sore dok. Dok syg mau tanya, saya setiap hari mengalami sakit kepala di pagi hari ini terjadi sudah lama dok. Dan rambut saya mengalami pperubahan warna rambut menjadi putih. Dari keterangan tersebut apa kah saya mengalami kangker otak?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Bila tiba saatnya, rambut setiap manusia akan berubah menjadi putih. Setelah usia 30 tahun, probabilitas rambut seseorang untuk memutih meningkat sebanyak 10-20% per dekade. Rambut menjadi bewarna karena terdapat pigmen melanin yang mewarnainya. Setiap folikel rambut memililki usia melanogentik yang artinya aktivitas melanosis akan menurun hingga berhenti sehingga pigmen dalam rambut pun menurun.

Menilik dari fakta tersebut, adanya uban tidak berkaitan dengan sakitkepala dan ataupun keluhan pada mata. Terdapat beberapa penyebab sakit kepala dan perlu diketahui bahwa sakit kepala umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh pola makan tidak teratur, kelelahan, kurang tidur, dan lain sebagainya. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migrain, tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dan lain-lain.  Sedangkan keluhan pusing biasanya disebabkan oleh vertigo.

Untuk memastikan diagnosa keluhan Anda, kami sarankan Anda berkonsultasi ke Dokter Spesialis Saraf untuk dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh serta pemeriksaan penunjang seperti CT scan atau MRI bila diperlukan.

Semoga penjelasan ini dapat diterima.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar