Sukses

Herpes Zoster

07 May 2015, 14:34 WIB
Pria, 17 tahun.

Halo dok.saya mau bertanya. Jadi teman saya,baru saja pulang dari dokter. Sebelumnya ia hanya sakit seperti biasa,seperti kecapean karena aktivitasnya maka menyebabkan ia flu. Tetapi kesehatannya dalam 2-3 hari menurun,seperti org yg drop. Lalu dia mendatangi dokter,dan ia ternyata diagnosa dokter ia terkena penyakit herpes kulit yang ada dibagian pinggang. Karena ia menggunakan celana olahraga punya temannya yg sudah terkontaminasi keringat pemiliknya. Saya ingin bertanya,apakah penyakit herpes kulit ini bisa sembuh? dengan cara apa dan apakah dapat menular? apabila menular,ia menularkan dengan cara apa? terima kasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Herpes zoster adalah infeksi yang disebabkan oleh virus varisela-zoster dan menyerang kulit, mukosa, serta saraf. Karena disebabkan oleh virus, maka penyakit ini dapat sembuh sendiri (self limiting disease) dalam jangka waktu beberapa hari asalkan daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh meningkat.

Obat antivirus yang diberikan untuk diminum 5x/hari ditujukan untuk mempercepat fase penyembuhan penyakit dengan mematikan virus tersebut. Apabila Anda tidak meminum antivirus, maka kesembuhan yang akan terjadi mengandalkan daya tahan tubuh Anda. Apabila hanya mengandalkan daya tahan tubuh, maka kesembuhan terjadi dalam hitungan hari sampai minggu. Selain itu, kondisi yang berpuasa memungkinkan asupan makanan Anda berkurang sehingga mungkin menurunkan daya tahan tubuh Anda yang berujung pada waktu pemulihan yang tidak sebentar.

Bagaimana dengan kondisi tubuh teman Anda? Penularan penyakit ini adalah melalui kontak langsung.  Bila teman Anda benar mengalami  Herpes Zoster, perlu dicari faktor risiko yang menyebabkan berulangnya penyakit ini. 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar