Sukses

Muntah Dan BAB Darah Hitam

07 May 2015, 14:46 WIB
Pria, 23 tahun.

Selamat malam dokter, saya mau bertanya tentang penyakit yang diderita ayah saya dok. Skitar satu minggu lalu ayah saya tiba-tiba(maaf) muntah darah hitam sekali, setelah dibawa ke RS ternyata beliau terkena Demam berdarah, 5 hari setelah dirawat dokter mengijinkannya pulang namun setelah ada dirumah sekali lagi beliau(maaf) muntah darah lagi, beluau mengeluhkan kalau perutnya terasa perih dan sulit BAB, ketika BAB(sekali lagi maaf kalau kurang sopan) warnanya sangat hitam pekat dan baunya asing, 2 hari ini beliau mengeluhkan perut bagian belakang, kanan dan kirinya sangat sakit seperti ditentang-tendang. Apa mungkin ada masalah dengan ginjalnya karena mungkin terlalu banyak mengkomsumsi obat dok? Mohon berikan saran/pencerahan, langkah apa saja yang harus kami ambil agar kondisi ayah saya segera membaik. Sebelumnya saya mengucapkan Terima Kasih banyak atas bantuannya.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Muntah darah dalam istilah medis dinamakan hematemesis. Keluhan muntah darah yang paling sering terjadi diakibatkan adanya gangguan di saluran pencernaan. Darah yang keluar dapat berwarna merah segar atau kehitaman seperti aspal. Kedua hal tersebut dapat membedakan berasal dari manakah darah yang keluar. Penyebab Hematemesis bisa berasal dari :

  • Perlukaan di saluran pencernaan
  • Kelainan koagulasi (pembekuan darah)
  • Pengobatan yang mengiritasi saluran pencernaan
  • Varises esofagus
  • Darah dari epitaksis (perdarahan melalui hidung / mimisan)
  • Erosi orofaring yang tertelan juga bisa menyebabkan muntah darah.
  • Tekanan, stress emosional
  • Pemakaian obat antiperadangan(anti-radang), antikoagulan(anti-pembekuan), atau alkohol.

Mengenai penggunaan kopi sampai saat ini belum ditemukan kasus muntah darah akibat kopi dan tidak ada riwayat penyakit lain yang mendasarinya. Lain hal nya jika pasien tersebut mempunya riwayat gastritis (maag), kopi bisa salah satu faktor pemicu yang bisa memperparah iritasi pada lambung yang bisa berakibat perdarahan lambung dan muncul muntah darah. 

Terkait dengan keluhan yang ayah Anda alami yaitu buang air besar yang berwarna hitam atau disebut juga dengan melena, merupakan keadaan keluarnya feses (BAB) yang berwarna hitam seperti ter. Keadaan ini berhubungan dengan adanya perdarahan di dalam saluran pencernaan bagian atas. Warna hitam yang ada disebabkan oleh oksidasi besi dalam hemoglobin darah selama perjalananannya di dalam saluran pencernaan. Bagian saluran pencernaan atas yang dimaksuda adalah kerongkongan,  lambung atau usus dua belas jari. Pada lambung atau usus dua belas jari biasanya penyebabnya adalah ulkus atau luka. Sedangkan pada kerongkongan biasanya karena pecahnya pembuluh darah balik yang ada di sana - biasanya berhubungan dengan sirosis hati.

Cara mendiagnosis atau mengetahui penyebab melena adalah dengan melakukan pemeriksaan endoskopi. Pada pemeriksaan ini dimasukkan kamera kecil dengan selang ke dalam saluran pencernaan, dari mulut kemudian gambaran dalan saluran pencernaan dipantau melalui monitor. Jika ditemukan kelainan, dapat dilakukan tatalaksana pada saat itu juga, seperti dengan menjepit bagian yang ulkus sehingga perdarahan berhenti.

Kami juga menyarankan agar Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis bedah digestif atau dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroenterohepatologi untuk penanganan dan evaluasi lebih lanjut. Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. 

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar