Sukses

Solusi Terlambat Haid

02 Apr 2016, 09:56 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat siang dok.. dok saya mau tny. bulan ini saay blm datang bulan juga. pdhl batas hari udah smp 35 hari smp hari ini. bulan kemaren saya haid tgl 2 april.. smp skg blm juga haid. pdhl saya blm menikah dok.. tp saya pernh merasa strees bbrp hari ini. krn haid yg say tunggu-tunggu juga tak kunjung datang . kepa haid saya bisa terlambat ya dok? bgm mengatsasinya ?? biar haid itu dtg ... makasih dokter...

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Lama siklus haid normal adalah berkisar antara 21 - 35 hari. Siklus ini dapat maju atau mundur hingga beberapa hari, selama masih berada dalam rentang 21 - 35 hari tersebut, maka siklus tersebut masih dapat dikatakan normal. 

Adapun siklus haid yang tidak teratur seperti yang dapat terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal. Di antara penyebab gangguan keseimbangan hormonal tersebut adalah stress psikologis, sindrom ovarium polikistik, penyakit kronik, tumor yang memproduksi hormon estrogen, nutrisi kurang, gangguan pola makan (anoreksia nervosa, bulimia), dan diet ketat dengan aktivitas fisik yang berlebih, obesitas/kegemukan.

Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter, agar dilakukan pemeriksaan lebih detil dan dapat diketahui kira kira penyebab dari siklus menstruasi yang terganggu ini disebabkan oleh apa.

Untuk memahami lebih dalam mengenai haid yang tidak teratur, anda dapat membaca artikel berikut ini:

Haid tidak teratur

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, Semoga informasi ini membantu Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar