Sukses

Pernah Kuret 2x, Masih Bisa Hamil?

02 Apr 2016, 08:02 WIB
Wanita, 26 tahun.

Selamat siang Dok, Saya ingin bertanya seputar kuretase dan kehamilan. Saya pernah melakukan tindakan kuretase sebanyak 2x, dengan jarak berselang sekitar setahun (kuret pertama pada tahun 2011, kuret kedua 2012). Dengan alasan kuret pertama kehamilan saya diluar kandungan, kuret kedua keguguran dengan sendirinya entah penyebabnya apa (mungkin pada saat itu terlalu sering minum obat2an kimia). Yang mau saya tanyakan : 1. Apakah setelah 2x kuret saya masih bisa hamil? 2. Apakah jika saya ke dokter kandungan, dokter tersebut tahu bahwa saya pernah melakukan tindakan kuret TANPA saya cerita? Sekian pertanyaan saya, mohon jawaban sejelas2nya Dok. Terimakasih banyak.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda alami. Adanya gangguan dalam kesuburan atau disebut dengan infertilitas primer adalah apabila setelah 1 tahun berhubungan seksual teratur (2 - 3x/minggu) tanpa menggunakan kontrasepsi, belum terjadi kehamilan. Penyebab dari infertilitas primer dapat dari pihak suami ataupun istri. Namun, dengan adanya riwayat kehamilan meskipun akhirnya gugur menandakan bahwa sebenarnya tidak terdapat gangguan kesuburan baika pada Anda maupun suami. Pasca tindakan kuret, sudahkah Anda melakukan pemeriksaan fisik seperti pemeriksaan dalam (melihat vagina dan daerah leher rahim) serta melakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui anatomi alat kandungan? Dari anamnesis /wawancara, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang, akan didapatkan hasil apakah ibu memerlukan pemeriksaan tambahan, seperti pemeriksaan HSG (untuk mengetahui sumbatan saluran tuba), dan pemeriksaan hormonal (tergantung kebutuhan).

Proses kehamilan memang tidak lepas dari campur tangan Yang Kuasa, oleh karena itu selain mengikuti pola hidup sehat, berhubungan intim teratur terutama 2-3x/minggu, dan perbanyak berdoa kepada Yang Maha Kuasa.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mempersiapkan kehamilan, yaitu:

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik
  • Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol
  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas
  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio
  • Asupan nutrisi yang adekuat, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar