Sukses

Bintik Lengan dan Paha

06 May 2015, 08:03 WIB
Wanita, 18 tahun.

permisi dok, saya mau konsultasi masalah kulit di lengan dan paha saya. di lengan dan paha saya terdapat bintik bintik kecil yang tidak gatal sama sekali. awalnya saya kira alergi, tapi sampai sekarang bintik bintik itu tidak hilang. kira-kira ini sudah lebih dari 2 tahun dan bintik bintik itu tidak hilang. seperti ini dok https://drive.google.com/file/d/0B4QDQlsnqYwiTnY1VHNQRkpGdFE/view?usp=sharing

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Gambar yang Anda kirimkan kurang begitu jelas. Apakah kelainan bintik berwarna putih? Apabila iya, kemungkinan masih menyisakan beberapa diagnosa antara lain vitiligo dan pitiriasis versikolor. Kekurangan pigmen atau vitiligo adalah suatu kondisi terganggunya pigmentasi kulit karena melanosit (sel pembentuk pigmen) di area tersebut hancur atau rusak. Bentuk klinis dari kondisi ini adalah bercak putih pada area yang terkena.

Hingga kini, faktor penyebab vitiligo masih belum diketahui dengan pasti. Genetik dan penyakit autoimun atau gangguan kekebalan tubuh ditengarai berperan. Faktor pemicu timbulnya bercak putih ini adalah paparan sinar matahari dan atau stres.

Tata laksana vitiligo ditujukan pada fungsi kosmetik. Terapi harus dilakukan secara rutin dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Pilihan terapi diberikan sesuai dengan jumlah, lokasi ukuran dan penyebaran bercak putih pada tubuh.

Adapun golongan jenis terapi yang saat ini direkomendasikan para ahli adalah :

  • Terapi topikal (oles)
    • Steroid topikal
    • Psoralen (fotokemoterapi)
    • Tabir surya
  • Operasi
  • Terapi tambahan lainnya

Apabila bentuk bintik ada yang teratur ada juga yang tidak teratur dengan batas bintik beberapa tegas dan ada juga yang tidak tegas, dengan sisik halus, kemungkinan kelainan yang Anda rasakan adalah panu atau dalam bahasa medis tinea versikolor.

Panu atau tinea versikolor adalah penyakit jamur pada kulit yang disebabkan oleh Malassezia furfur Robin. Tinea versikolor banyak ditemukan pada daerah dengan iklim tropis. Panu biasanya tidak memberikan keluhan. Sifat gatalnya adalah ringan. Bercak bersisik halus, bercak dapat berwarna putih sampai dengan coklat hitam. Bercak biasanya terdapat pada badan, ketiak, lipat paha, lengan, tungkai atas, leher, muka, dan kulit kepala yang berambut. Ada kalanya penderita tidak mengetahui bahwa ia berpenyakit tersebut, karena penyakit ini kadang tidak memberikan keluhan.

Jamur Malassezia furfur Robin ini sebenarnya adalah jamur yang secara normal berada di kulit tanpa menimbulkan penyakit. Namun, dengan faktor pencetus dapat menyebabkan penyakit. Faktor pencetus yang dapat memicu adalah penurunan faktor kekebalan tubuh pada kondisi berat badan kurang atau sedang menderita sakit lain dalam jangka waktu lama, suhu udara, kelembaban, dan keringat. 

Pengobatan penyakit ini harus dilakukan secara tekun dan konsisten.  Obat yang dapat dipakai misalnya selenium sulfide yang digunakan sebagai shampo 2-3 x seminggu digosokkan pada kulit yang sakit. Obat digosokkan pada kulit yang terdapat kelainan, dan didiamkan selama 15-30 menit sebelum mandi. Pengobatan harus dilakukan 2 minggu setelah pemeriksaan klinis menunjukkan gambaran penyakit sudah tidak aktif. 

Kami sarankan Anda untuk konsultasi dengan Dokter Kulit dan Kelamin untuk mendapatkan terapi terbaik dari kondisi yang ada.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar