Sukses

Telapak Tangan Nyeri

06 May 2015, 09:54 WIB
Pria, 40 tahun.

Dokter, mau tanya telapak tangan kanan saya nyeri, biasanya terjadi di malam hari mulai dari kelingking sampe jari tengah. dan juga kaki sebelAh kanan di daerah betis agak ke depan juga kadang Nyeri. ini gejala apa ya Dok? saya pikir ini ke semutan karena kebanyakan pegang hP. Tapi lama2 kok beda.Terima kasih dok

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kemungkinan yang Anda alami adalah sindrom terowongan karpal (carpal tunnel syndrom). Sindrom Terowongan Karpal ini berhubungan dengan kegiatan yang melibatkan gerakan repetitif pergelangan tangan dalam waktu yang lama. 

Terowongan karpal merupakan terowongan tulang yang terbentuk dari tulang-tulang pergelangan dari tiga sisi serta jaringan ikat yang berjalan melintasi pergelangan tersebut. Gerakan berulang pada saat bekerja dengan komputer dapat meningkatkan tekanan pada rongga yang kecil ini, sehingga menekan saraf medianus yang berjalan di dalamnya. Saraf medianus mempersarafi jempol, jari telunjuk, tengah, dan setengah dari jari manis. Karena itu, penekanan saraf tersebut menimbulkan gejala seperti kesemutan dan nyeri, terutama pada keempat jari tersebut, dan dapat menjalar ke atas.

Cara mengatasi rasa kesemutan dan nyeri yang ada adalah dengan menghindari aktivitas-aktivitas yang membutuhkan gerakan pergelangan tangan yang repetitif (berulang) dan membutuhkan tenaga. Gerakan-gerakan tersebut dapat membuat gejala memberat. Jika keluhan terutama dirasakan saat malam hari, ubah posisi tidur dan coba taruh lengan di atas satu atau dua bantal. Jangan tidur menimpa tangan. Jika terasa nyeri sewaktu bangun, goyang-goyangkanlah tangan. Untuk mengurangi gejala nyeri, pemberian natrium diklofenak minum dan oles pada lokasi nyeri biasanya membantu. Namun pemberian obat ini harus berhati-hati pada pasien dengan riwayat luka pada lambung. Jika setelah melakukan cara-cara di atas gejala tidak berkurang, konsultasilah dengan dokter saraf untuk mendapat pengobatan yang tepat. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar