Sukses

Bekas Luka Operasi Menonjol

01 Apr 2016, 21:52 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok sya punya luka bkas operasi d kaki. Setelah smbuh bkas lukanya menonjol dn brwarna khitaman jika d tekan d bkas luka itu trasa sakit. Sya sdah menggunakan produk utk mnghlangkan bkas luka slama 1 blan tpi bkas lukanya msh mnonjol. Bsakah d hlangkan bkas lukanya dgn bhan2 alami?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi terbentuknya bekas luka pada seseorang, antara lain kedalaman luka, ukuran luka, lokasi luka dan faktor genetik (keturunan).

Bekas luka yang terjadi pada kulit dapat meninggalkan bekas luka yang menghitam (hiperpigmentasi), atau menjadi berkas berwarna putih (hipopigmentasi) atau menjadi jaringan berlebih.

Pada bekas luka hipertropik, Setelah luka sembuh, bekas luka hipertropik atau timbul akan segera terbentuk akibat produksi jaringan penghubung dalam jumlah berlebih. Jenis bekas luka ini cenderung menebal dan tampak timbul dibandingkan kulit di sekitarnya, namun tetap terbatas pada daerah kulit yang cedera saja. Faktor-faktor risiko yang dapat mengakibatkan timbulnya bekas luka timbul adalah infeksi dan kurangnya imobilisasi pada luka. Jika Anda mempunyai riwayat penyembuhan luka dengan jenis ini, maka terdapat kemungkinan akan kembali terulang pada luka lain apabila faktor resiko belum dikenali dengan pasti dan tidak dapat dihindari.

Tidak banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terbentuknya bekas luka yang tidak diinginkan, seperti keloid atau scar hypertrophic.

Beberapa terapi yang dapat dilakukan untuk mengobati keloid adalah penggunaan salep, suntikan steroid, laser, dan operasi. Sebaiknya didiskusikan dengan dokter spesialis kulit dan kelamin mengenai terapi yang sesuai dengan jenis bekas luka anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar