Sukses

Muntah setiap kali MPASI dan diberi sufor

06 May 2015, 10:35 WIB
Pria, 26 tahun.

Sy mau tnya dok.ank sy umur 7 bln.setiap di ksih susu formula np sllu muntah.trus kalao di ksih mknan menu baru pasti muntah.ap itu wajar dok.!truz gmn solusinya.??trimksh

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Apakah anak Anda batuk?Apabila tidak kemungkinan muntah yang dialami berasal dari pencernaan. Makanan apa yang diberikan saat ini? Apakah sudah mendapat protein hewani seperti telur, dan daging? Muntah pada anak Anda kemungkinan dikarenakan belum siapnya usus mengolah lemak yang terdapat pada sumber protein hewani dan alergi terhadap susu sapi. 

Pada pencernaan, gejala alergi susu sapi dapat menimbulkan gejala seperti perut kembung, nyeri perut, atau kolik yang sering muncul akan sangat mengganggu bayi Anda. Ia akan menjadi rewel, dan tentunya mengganggu pikiran dan aktivitas Anda.  Selain menghambat pemasukan makanan, frekuensi muntah yang sering dapat mengiritasi kerongkongan anak. Anak pun berisiko mengalami penurunan nafsu makan bahkan takut untuk makan  sehingga susu dan makanan akan terbuang sia-sia, dan membuat biaya membengkak. Diare kronis akan sangat merepotkan harus sering mengganti popok dan berisiko menyebabkan iritasi bokong bayi yang memerlukan pengobatan lebih lanjut. Terlebih lagi, diare kronis akan menyebabkan penyerapan nutrisi yang kurang sempurna oleh usus, sehingga anak berisiko mengalami berat badan kurang, bahkan gagal tumbuh.

Pada tahap awal pemberian MPASI cobalah secara bertahap pemberian MPASI mulai dari buah dan sayur selama 2 minggu-1 bulan, baru setelah itu baru berikan protein hewani seperti kaldu, ayam, daging, dan telur. Buah sayur yang dapat diberikan seperti alpukat, labu, kentang, pisang, pir, dll. Apabila anak tidak menimbulkan reaksi seperti muntah atau BAB mencret, pemberian protein hewani dapat diteruskan. Namun apabila menimbulkan keluhan, stop pemberian protein hewani sementara. Umumnya, di atas 8 bulan, anak dapat menerima asupan makanan berupa protein hewani. Namun, ketahanan anak dapat menerima asupan protein hewani berbeda pada setiap anak. 

Lanjutkan pemberian ASI dan timbang berat badan anak setiap bulan. Untuk melihat kesesuaiannya dapat mengacu kepada grafik berat badan menurut WHO. Stimulasi anak Anda dengan tepat agar tumbuh kembangnya dapat optimal.

Prinsip utama dari tatalaksana alergi susu sapi adalah dengan menghindari makanan yang mengandung susu sapi dan segala jenis produk turunannya, seperti keju, yogurt, mentega, dan krim. Namun demikian, pemberian makanan dengan nutrisi yang lengkap dan seimbang tetap harus diperhatikan dengan memberikan makanan substitusi. Sebaiknya Anda menghubungi dokter spesialis anak untuk diagnosa dan tatalaksana lanjutan

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar