Sukses

Menyusun Menu Makanan Sesuai Kebutuhan Kalori

26 Jul 2015, 15:47 WIB
Pria, 22 tahun.

Yth dok klikdokter.com Saya sedang berobat jalan untuk menyembuhkan asma dan paru-paru basah saya. Syukur pada Tuhan YME, berat badan saya yg tadinya 48 kg (sebelumnya 63 kg pada Maret 2014) naik menjadi 51,4 kg. Saya sudah mengecek berapa kalori yg saya butuhkan dengan health tools di web ini dan hasilnya saya membutuhkan 2532,6 kalori dan termsauk kategori kurus. Maka tolong dokter bantu saya menyusun makanan dan minuman yang harus saya makan agar berat badan saya masuk kategori ideal. Trims sebelumnya :) Nb: - Saya masih meminum obat dokter - Saya anak kos dengan kiriman uang 1 jt/bln - Saya punya maag - Tidak mempunyai riwayat alergi makanan

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Anda dapat memanfaatkan Kalkulator Kalori yang ada pada situs kami untuk menghitung kebutuhan kalori Anda berdasarkan berat dan tinggi badan serta aktivitas Anda: https://www.klikdokter.com/healthtools/kalori

Jumlah kalori tersebut dapat dibagi menjadi lebih kurang seperti berikut: 30% untuk makan pagi, 40-50% makan siang, dan 20-30% makan malam. Untuk mengetahui jumlah kalori dari makanan yang Anda konsumsi , Anda dapat melihat buku referensi. Terdapat buku menu yang menunjukkan jumlah makanan yang dikonsumsi setara dengan berapa kalori dari setiap makanan. 

Pada prinsipnya: 
1 gram karbohidrat (nasi, roti, ubi) ~ 4 Kalori
1 gram protein (telur, ikan, daging, kacang) ~ 4 Kalori
1 gram lemak (minyak atau lemak daging) ~ 9 Kalori

Kami menyarankan untuk makan makanan yang seimbang. Makanan yang seimbang terdiri dari makanan sumber karbohidrat, protein, lemak, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Disarankan untuk mengkonsumsi karbohidrat 50-60% per hari, protein 15% sehari, dan lemak 30% sehari. Hindari konsumsi lemak jenuh seperti junk food dan dairy products karena tidak baik untuk kesehatan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

1 Komentar

  • Ahm******datsir

    Salam KlikDokter/ dr. Suci Mohon maaf, menurut saya tidak seharusnya Anda menyarankan kepada pasien yang meminta atau berkonsultasi masalah diet, untuk melihat buku referensi dan menyusun diet sendiri, seharusnya disarankan untuk berkonsultasi ke Ahli Gizi/ Nutrisionis karena kompetensinya.