Sukses

Sering Lapar Walaupun Sudah Banyak Makan

01 Apr 2016, 20:50 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok, selama 1 bulan terakhir saya makan dalam porsi banyak (sepiring full). tapi cepat sekali merasa lapar (< 3 jam kemudian). Bahkan kadang saya makan di siang dan sore hari dalam porsi yang tidak jauh berbeda. Ketika begadang, saya merasa kelaparan di tengah malam. Mohon penjelasan mengenai keadaan saya ini. Terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.com

Kondisi lapar merupakan keadaan dimana terjadinya rangsangan oleh salah satu faktor penyebab lapar, rangsang lapar tersebut dihantarkan oleh saraf ke pusat lapar di hipotalamus, stelah rasa lapar dikenali, maka kemudian otak akan memerintahkan tubuh untuk makan.

Kemungkinan penyebab Anda sering merasa lapar ialah:

  1. Asupan tidak sesuai dengan kebutuhan kalori. Jika aktifitas Anda ternyata jauh lebih berat dari jumlah asupan nutrisi, tubuh akan memberi sinyal untuk menambah sumber tenaga dengan rasa lapar. Berfikir dan belajar ternyata memerlukan kalori yang cukup besar juga.
  2. Terlalu banyak konsumsi sumber karbohidrat sederhana, seperti nasi dan roti. Sumber karbohidrat sederhana ini langsung dipecah oleh tubuh sebagai sumber energi. Penurunan kadar glukosa dari karbohidrat sederhana ini menyebabkan terjadinya pengiriman sinyal lapar ke otak.
  3. Kurang mengonsumsi serat dan protein. Kedua jenis makanan ini telah diteliti dapat memperlambat rasa lapar
  4. Kurang mengonsumsi air putih. Mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter perhari dapat menunda rasa lapar ketika belum memasuki waktu makan.

Jadi agar tidak mudah lapar:

  1. Makanlah dan penuhi asupan gizi sesuai kebutuhan kalori harian
  2. Kurangi sumber karbohidrat sederhana
  3. Banyak mengonsumsi serat dan proter.
  4. Perbanyak mengonsumsi air putih

Demikian tips dari kami, semoga bermafaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar