Sukses

Menangani Gejala CVT

01 Apr 2016, 21:00 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok.. bgmn menangani gejala CVT. Seperti artikel yg pernah di tulis di sini, sy mengalami sering pusing & tengkuk terasa berat. Sering lupa & kadang pikiran seperti nge blank.. mohon penjelasan nya. Terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

CVT jarang ditemukan. Untuk mendiagnosis CVT diperlukan data riwayat keluhan yang lengkap, pemeriksaan fisis, dan pemeriksaan penunjang. Riwayat yang lengkap termasuk faktor risiko CVT seperti apakah terdapat riwayat trauma atau operasi, ada riwayat sinusitis, sedang hamil, konsumsi obat-obatan tertentu seperti kontrasepsi oral atau steroid, riwayat keluarga dengan penyakit jantung atau penyakit serupa, dll. Bagaimana dengan keluhan nyeri kepalanya, apakah sangat hebat, apa pencetusnya, menjalar atau tidak, dll. 

Pemeriksaan fisis dilakukan untuk melihat kemungkinan penyebab nyeri kepala, mencari/menyingkirkan defisit neurologis lain yang dapat disebabkan oleh keadaan tersebut. Bila ada indikasi, dapat dilakukan pemeriksaan penunjang laboratorium serta radiologis seperti CT-Scan atau MRI untuk memastikan diagnosis. 

Mencegah Kemungkinan terjadinya CVT adalah dengan mengurangi faktor risiko yang dapat diubah, misalnya menghindari trauma pada kepala, mengobati sinusitis frontal sampai tuntas. Terapi spesifik untuk CVT saat ini adalah dengan terapi antikoagulasi atau trombolitik yaitu untuk mencegah trombus semakin besar dan menghancurkan trombus yang sudah terbentu. Jika ada defisit neurologis yang berat, termasuk penurunan kesadaran, tindakan operasi mungkin diperlukan. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar