Sukses

Pembersihan karang gigi pada anak

24 Jul 2015, 11:56 WIB
Wanita, 26 tahun.

Mau tanya nich d0k,gmana cara menghilangkan jig0ng d gigi pd anak yg bru brusia1 tahun.dan pha penyebabnya y d0k

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Pertama-tama mungkin kami jelaskan lebih dulu secara singkat mengenai dental calculus (karang gigi). Dental calculus adalah plak/kotoran yang mengeras di permukaan gigi karena adanya endapan garam kalsium fosfat. Plak yang tinggal di permukaan gigi jika tidak dibersihkan dengan benar maka dalam waktu +/- 48 jam akan mengalami maturasi, dan mineral-mineral yang terdapat dalam saliva (air liur) akan mengendap (mineralisasi plak) dan jadilah calculus.

Komposisi dari calculus itu sendiri dapat berbeda-beda, bergantung dari konsentrasi kalsium dan fosfat yang terdapat dalam cairan mulut maupun yang didapat dari makanan/minuman, tingkat keasaman atau pH saliva, adanya ion-ion lain dalam air liur dan yang didapat dari makanan misalnya magnesium, dan masih banyak lagi. Calculus yang terjadi di permukaan gigi ini serupa dengan yang terjadi pada ginjal (batu ginjal) dan empedu.

Dental calculus  memang tidak dapat dibersihkan hanya dengan sikat gigi, namun dapat dibersihkan dengan penggunaan alat scaler ultrasonik  atau dengan hand instrument. Untuk itu kami anjurkan anda membawa anak untuk diperiksa giginya oleh dokter gigi agar mendapat penanganan yang lebih optimal.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar