Sukses

Gigi Gingsul

11 May 2015, 11:39 WIB
Wanita, 24 tahun.

saya mau tanya dok dulu gigi saya ginsul dempet depan belakang waktu kecil dan saya ke dokter gigi untuk mencari solusi akhirnya gigi gingsul saya dcabut yang depan yang dbelakang nya masih ada akhirnya gigi saya terlihat bolong dan saya merasa tidak pede bagaimana solusinya ya dok agar gigi saya rata dan rapi pa bekas ginsul saya yang d belakang juga dcabut????terima kasih

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Posisi gigi yang gingsul selain tidak baik secara estetik juga dapat mengganggu kesehatan gigi serta jaringan sekitarnya. Kondisi gigi yang gingsul ini disebabkan oleh karena disorientasi arah tumbuhnya benih gigi. Untuk menentukan rencana perawatan, gigi Anda perlu diperiksa secara keseluruhan, dan perlu beberapa pertimbangan sebelum memutuskan apakah gigi tersebut perlu dicabut atau tidak. Dan bila dilakukan perawatan orthodonti tentu saja hasil akhir yang hendak dicapai adalah oklusi ( bertemunya gigi rahang atas dan bawah) dari gigi yang baik dan benar.

Kami akan memberikan penjelasan sedikit mengenai perawatan orthodonti, perawatan orthodontik atau behel tidak dapat dilakukan secara sembarangan, semua prosedur ada standar operasionalnya. Ada beberapa cara untuk mendapatkan ruangan yang dibutuhkan untuk menggeser gigi-gigi yang posisinya perlu diperbaiki, diantaranya adalah pencabutan gigi. Jadi tidak semua kasus harus ada gigi yang dicabut, bergantung pada seberapa besar kebutuhan ruang dan tentunya dicabut/tidaknya gigi baru dapat diputuskan setelah dokter gigi melakukan serangkaian pemeriksaan. Seluruh gigi-geligi pasien diperiksa secara seksama, jika ada yang perlu mendapatkan perawatan (misalnya penambalan atau pembersihan karang gigi) maka harus dirawat terlebih dulu sebelum dilakukan pemasangan alat. Lalu gigi pasien harus dicetak agar dapat dilakukan model/duplikat gigi. Duplikat ini diperlukan untuk menganalisa kebutuhan ruang dan melakukan rencana perawatan. Selain itu perlu dilakukan foto rontgen (ada dua foto, yaitu panoramik dan cephalometri). Foto ini penting, untuk membantu analisa kebutuhan ruang dan menilai posisi gigi terhadap tulang rahang sehingga dapat menunjang rencana perawatan.

Untuk memastikan perawatan terbaik yang Anda butuhkan maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar