Sukses

Penyebab Gangguan Sendi Rahang

09 May 2015, 14:11 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok, apakah gigi berlubang bisa menyebabkan ganguan sendi rahang? Apakah saya harus segera ke dokter gigi?

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Kami memahami kekhawatiran Anda terhadap akibat dari gigi berlubang yang dialami. Sebelumnya Kami akan membahas sedikit mengenai kelainan pada sendi rahang.  Kelainan sendi rahang dapat disebabkan oleh beberapa hal, kemungkinannya di antaranya adalah :

  • Susunan gigi yang tidak normal sehingga gigitan antara gigi atas dan bawah tidak pas. Bila ada sesuatu yang menghalangi gigi Anda untuk terkatup dengan normal, otot dan sendi rahang akan sedikit bergeser untuk beradaptasi dan mencari posisi yang nyaman untuk menggigit. Akibatnya lama kelamaan akan terjadi kelainan sendi rahang, dan sakit kepala ringan hingga berat.
  • Kebiasaan buruk, di antaranya kebiasaan tidur hanya pada satu sisi wajah yang menekan bantal, kebiasaan mengerat gigi pada saat tidur (namun hal ini biasanya terjadi di luar kesadaran pasien, kesalahan posisi saat bekerja misalnya saat menghadap komputer selama berjam-jam, dan lain-lain yang membuat sendi rahang bekerja berlebihan sehingga dapat terjadi keletihan dan kekakuan pada otot dan sendi rahang.
  • Penyakit degeneratif yang menyerang sendi rahang, misalnya keganasan atau karena usia dan penyakit autoimun.

Bila Anda memiliki gejala gangguan pada sendi rahang maka sebaiknya konsultasikanlah pada dokter gigi spesialis prosthodonti (drg. Sp.Pros) atau ke drg spesialis bedah mulut (drg. Sp.BM), dan perawatannya akan sangat bergantung kepada penyebab dari kelainan sendi rahang Anda. Dan bila terdapat gigi yang berlubang maka segerlah juga melakukan perawatan untuk gigi tersebut pada dokter gigi agar kerusakan gigi Anda yang berlubang tersebut tidak bertambah parah.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar