Sukses

Penyebab Demam Pada Anak

29 Mar 2016, 21:31 WIB
Wanita, 26 tahun.

selamat malam dok.. saya mau tanya, anak saya umur 5 tahun .mengeluh pusing, dan sempat mengeluh sakit perut, disertai muntah, badan dingin, aga demam. saya kasi tolak angin anak dan panadol pereda nyeri, sempat mendingan, tetapi begitu lagi, seharian lemas dok.. anak saya sakit apa ya dok..? terima kasih atas bantuannya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Demam pada anak disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah kekurangan cairan (dehidrasi), kurang istirahat atau metabolisme tubuh menjadi meningkat, dan infeksi. Pada anak karena sistem kekebalan tubuh yang masih berkembang, seringkali terkena infeksi dan mengalami demam. Infeksi sendiri dapat disebabkan oleh berbagai mikroorganisme seperti viral, bacterial, dan lainnya.

Pada infeksi viral, diharapkan tubuh dapat menghasilkan antibodi tertentu sesuai dengan infeksinya dan sembuh sendiri. Beberapa infeksi yang sering di Indonesia adalah Demam berdarah dan Demam thypoid, dimana kedua penyakit ini baru bermanifestasi setelah beberapa hari. Pada kasus anak ibu, karena demam yang diderita baru satu hari maka yang perlu diperhatikan adalah asupan cairan anak dan menurunkan demam anak.

Mengatasi demam dapat dengan cara :

  • istirahatkan anak
  • berikan anak minum yg banyak
  • kompres dahi, leher, dada, ketiak anak dengan air hangat  untuk menurunkan demam
  • pakaikan anak baju yang tipis
  • berikan obat penurun demam (parasetamol) 6x/hari sesuai dosis untuk membantu menurunkan demam (suhu > 37,5 derajat C)

Yang perlu diwaspadai apabila terjadi demam pada anak adalah kemungkinan timbulnya kejang. Kejang Demam dapat terjadi pada mereka yang memiliki genetik atau keturunan kejang ketika kecil dan suhu  demam yang terlampau tinggi. Hal ini dapat dicegah dengan hal-hal yang kami sebutkan di atas. Apabila dengan cara diatas demam anak anda masih berlangsung (dalam 2-3 hari), berkonsultasilah ke dokter. Sebaiknya jangan memberikan obat-obatan kepada Anak tanpa saran dari dokter.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar