Sukses

Buah Zakar Menjadi Tiga?

26 May 2015, 09:34 WIB
Pria, 54 tahun.

Saya memiliki buah pelir 3 bh tapi semasa muda hanya 2 bh dan yg ketiga lebih besar kadang terasa kurang nyaman mau tanya apa sebenarnya yg terjadi bahayakah bagi kesehatan sy ? mohon penjelasan bgm cara mengatasinya. Terimakasih doktet

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Kami dapat memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Dari gejala singkat yang Anda rasakan, kemungkinan besar 'zakar tambahan' tersebut bukan buah zakar, melainkan benjolan (yang dapat disebabkan oleh berbagai penyebab). Sayang sekali Anda kurang memberi keterangan lengkap mengenai keluhan tersebut.

Klik next untuk melanjutkan.

Buah Zakar Menjadi Tiga?

Dimana Letak benjolan tersebut, apakah diatas permukaan kulit dan terlihat perbedaan dengan kulit normal? Atau didalam kulit? Atau teraba pada buah zakar itu sendiri?

Bagaimana konsistensinya apakah lunak atau keras? Apakah benjolan bisa digerakkan atau menempel pada kulit diatasnya atau justru pada jaringan dibawahnya?

Adakah rasa nyeri yang Anda rasakan? Apakah benjolan tersebut semakin membesar?

Apakah benjolan tersebut dapat hilang timbul? Apakah ada keluhan dari benjolan tersebut (panas, gatal, kemerahan, berair)?

Apakah disertai demam? Apakah hanya ada di buah zakar saja? Atau ada ditempat lain ditubuh Anda dengan benjolan yang serupa?

Adapun salah satu penyebab benjolan pada buah zakar adalah penyakit hernia (bahasa awam: turun bero).

Hernia adalah suatu kondisi masuknya isi rongga perut kedalam celah yang melemah, seringkali bagian lipatan paha/ di bagian buah zakar.

Klik next untuk melanjutkan.

Buah Zakar Menjadi Tiga?

Keluhan yang dirasakan dapat dari yang ringan hingga yang berat.

Karena pada dasarnya hernia merupakan isi rongga perut yang keluar melalui suatu celah di dinding perut, keluhan berat yang timbul disebabkan karena terjepitnya isi perut tersebut pada celah yang dilaluinya (yang dikenal sebagai strangulasi).

Jika masih ringan, penonjolan yang ada dapat hilang timbul. Benjolan yang ada tidak dirasakan nyeri atau hanya sedikit nyeri dan timbul jika kita mengedan, batuk, atau mengangkat beban berat.

Biasanya tonjolan dapat hilang jika kita beristirahat atau berbaring.

Klik next untuk melanjutkan.

Buah Zakar Menjadi Tiga?

Penatalaksanaan hernia dibagi menjadi 2, konservatif dan operatif.

Pengobatan konservatif terbatas pada tindakan pengembalian posisi (dengan cara mendorong masuk tonjolan yang ada secara manual) dan pemakaian penyangga atau penunjang untuk mempertahankan isi hernia yang telah direposisi.

Pengurangan hernia secara non-operatif dapat segera dilakukan dengan berbaring, posisi pinggang ditinggikan, lalu diberikan analgetik (penghilang rasa sakit) dan sedatif (penenang) yang cukup untuk memberikan relaksasi otot. Perbaikan hernia terjadi jika benjolan berkurang dan tidak terdapat tanda-tanda klinis strangulasi.

Sedangkan hernia yang disertai tanda-tanda nyeri hebat, rasa panas, maka harus lakukan tindakan operatif.

Selain hernia, varises skrotum juga dapat menyebabkan timbulnya benjolan.

Untuk memastikan kondisi yang Anda alami, kami sarankan untuk berkonsultasi ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan yang menyeluruh.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar