Sukses

Benjolan Gatal Pada Vagina

07 Jul 2015, 15:03 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok saya mau nanya, di miss v saya sangat gatal sampe akhirnya saya garuk terus dan ternyata disebelah kanan ada benjolan berwarna merah, dan itu kalo kesentuk gatal bgt sampe kadang kalo saya garuk terlalu kencang malah mengakibatkan sangat perih di benjolan itu, tetapi tidak lama kemudian di miss v saya sebelah kiri ikutan gatal juga dan saya garuk setelah 3hari kuran lebihnya rasa gatal itu saya garuk trs dan kemudian keluar benjolan juga dan yang saya alamin sama jika digaruknya begitu kencang rasa perih itu ada, tetapi dok benjolan yang disebelah kiri itu lumayan besar beda sama yang disebelah kanan, bukan hanya di miss v saya aja dok, lama kelamaan rasa gatal itu ada disela2 semua jari saya, cuma kalo dijari bentuknya benjolan seperti kutu air, lalu tidak lama lg menjalur ke tangan, kaki dan badan hingga semua tubuh saya merah karna rasa gatal itu, kira2 itu kenapa ya dok? Apakah yang di miss v saya itu terkena jamur? Dan rasa gatal itu sudah menular keseluruh tubuh saya? Dan kira2 obat untuk menghilangi rasa gatalnya apa yak dok? Terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Sayang sekali kami tidak dapat menyatakan penyebab dari keluhan Anda, hal tersebut bisa terjadi karena alergi atau peradangan ataupun infeksi, karena dalam mendiagnosa kelainan kulit diperlukan pemeriksaan fisik langsung dan pengamatan UKK (Ujud Kelainan Kulit) yang seksama guna menegakkan diagnosa. Akan tetapi hubungan seksual dapat menyebabkan iritasi pada vagina sehingga menimbulkan rasa gatal. Gatal akan menghilang tidak lama setelah hubungan seksual selesai karena yang terjadi hanyalah iritasi ringan.

Benjolan yang berupa kutil atau bintil-bintil kecil di daerah vulva (sekitar vagina) dapat disebabkan oleh berbagai macam sebab, diantaranya:

  1. Kondiloma akuminata (kutil kelamin)

  2. Moluscum kontagiosum (infeksi virus pox)

  3. Herpes simplex (infeksi virus herpes)

  4. Skabies (infeksi oleh kutu)

  5. Jerawat

Jika saat ini sudah menyebar pada area tubuh lain bisa saja memang disebabkan oleh infeksi jamur. Namun perlu juga dipikirkan dugaan infeksi lain oleh bakteri, virus, parasit ataupun akibat alergi atau penyakit kulit lainnya.

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter karena dibutuhkan informasi lebih jauh mengenai ukuran, bentuk, warna, rasa nyeri, lokasi tepat, dan sebagainya. Agar penanganan yang diberikan dapat tepat sesuai dengan penyebab gangguan pada kulit anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar