Sukses

Mengatasi Kulit Belang

02 May 2015, 23:32 WIB
Wanita, 18 tahun.

Salam dok.. saya remaja berumur 18 th berkerudung yang memang masa bodo dengan kecantikan. Tetapi blkgn ini saya terganggu dengan warna kulit muka saya yg sangat berbeda dok atau bs dibilang belang. Tiap saya membuka kerudung saya, teman saya kaget melihat perbedaan warna kulit saya. Hingga ada yg mgtakan bahwa itu disebabkan karena saya tidak pernah memakai tabir surya dan lama kelamaan bs menyebabkan luka bakar. Pertanyaan saya, bagaimana cara saya mengobati kulit belang ini dan apa obat yg cocok dok? Diluar dr membuat janji dg dokter kecantikan. Terimakasih atas jawabannya..

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Setiap orang terlahir dengan jenis kulit dan warna kulit yang berbeda. Genetik tentunya memiliki peran yang cukup besar dalam hal ini. Beberapa orang terlahir dengan warna kulit putih, kuning langsat, sawo matang hingga hitam. Semuanya ditentukan oleh sebuah sel yang disebut sebagai melanin. Faktor lain yang berperan adalah kekuatan paparan sinar matahari yang berbanding lurus dengan warna kulit penduduk (semakin kuat, semakin gelap warna kulitnya). Warna kulit yang sejatinya secara genetik tidak terlalu gelap pun dapat berubah karena paparan sinar matahari.

Perlu diketahui bahwa dalam dunia medis tidak disarankan untuk melakukan pemutihan badan dengan cara menghambat aktivitas melanin, karena sebenarnya melanin mempunyai kemampuan untuk melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet. Hal yang diperkenankan hanyalan menghindari kulit kusam, sehingga kulit terlihat sehat dan cerah.

 Anda dapat "memaksimalkan" tampilan warna kulit Anda dengan melakukan perawatan secara rutin, sebagai berikut :

  1. Bersihkan wajah dengan cairan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit, terutama setelah beraktivitas dan sebelum tidur
  2. Gunakan serum atau pelembab yang mengandung vitamin C di pagi hari
  3. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setelah menggunakan serum atau pelembab, dan ulangi penggunaan setiap 2 jam
  4. Minum air putih setidaknya 1,5 liter per hari
  5. Perhatikan keseimbangan nutrisi harian.

Langkah yang dapat ditempuh untuk mendapatkan warna kulit menjadi lebih rata adalah dengan pemberian obat yang mengandung alfa dan beta hydoxy acid (glycolic acid) , vitamin A, vitamin C, dan bahan-bahan lain yang dapat melupas kulit. Penggunaan hidrokuinone juga sering digunakan untuk keadaan ini. Hidrokuinone bekerja dengan cara memblokade enzim yang berhubungan dengan produksi melanin, yang lantas dapat mencerahkan kulit. Krim hidrokuinone biasanya juga mengandung kandungan seperti kolic acid, glycolic acid, tretinoin dan vitamin c. Pengelupasan kulit juga dapat dipercepat dengan tindakan mikrodermabrasi atau chemical peeling.

Apapun langkah yang Anda pilih, pastikan Anda menggunakan produk yang bisa dipertanggungjawabkan keamanannya dengan terdaftar di BPOM atau diberikan dengan resep Dokter yang ahli di bidang kecantikan.

Berikut kami sertakan pula beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar