Sukses

Wajah Ditumbuhi Bulu Halus

04 May 2015, 12:35 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dokter maaf ganggu,saya ingin bertanya. Kulit wajah saya berminyak dan rentan terhadap jerawat. Setelah disarankan saya mencoba menggunakan krim siang dan malam dari w*rdah. Setelah beberapa lama pemakain disekitar wajah saya jadi ditumbuhi bulu2 halus. Bagaimana saran dokter? apakah bulu halus tersebut dapat dihilangkan? Mohon bantuannya dok,TerimaKasih.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Pertumbuhan rambut-rambut sekunder pada tubuh (di kaki, ketiak, kumis, jenggot, sekitar kelamin) merupakan salah satu bagian dari pubertas, yaitu proses perubahan fisik dimana tubuh seorang anak berubah menjadi tubuh dewasa yang memiliki kemampuan untuk reproduksi.  Perubahan tersebut terjadi akibat adanya perubahan kimiawi hormon di dalam tubuh. Namun, lebat tidaknya rambut- rambut sekunder seseorang tergantung dari jumlah folikel rambut yang ada.

Rambut-rambut sekunder dapat dihilangkan dengan mencukur dan waxing, namun rambut-rambut tersebut tidak hilang secara permanen (setelah beberapa waktu akan tumbuh kembali). Cara lain yang dapat menghilangkan rambut secara lebih lama atau bahkan dapat secara permanen yaitu dengan menggunakan Intense Pulse Light (IPL). Prosedur dilakukan dengan memancarkan sinar pada daerah yang berambut, yang pada akhirnya akan merusak folikel rambut. Prosedur ini harus dilakukan beberapa kali dalam jangka waktu tertentu secara berkala, tentu saja dengan dosis yang telah disesuaikan.

Penggunaan IPL dapat menahan pertumbuhan rambut baru selama beberapa waktu lebih lama dibandingkan dengan pencukuran maupun waxing. Meski demikian, rambut yang akan tumbuh umumnya menjadi lebih halus dan lebih pucat. Bahkan pada beberapa orang, rambut dan bulu tersebut dapat menghilang 100% (tidak tumbuh kembali).

Prosedur ini terbilang cukup aman jika dilakukan oleh tenaga medis yang terlatih. Akan tetapi, prosedur yang tidak tepat dan tidak sesuai indikasi dapat menyebabkan luka bakar dan perubahan warna kulit yang akan bertahan selama beberapa bulan.

Kami sarankan Anda untuk konsultasi dengan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin sebelum memilih tata laksana yang sesuai dengan kondisi terkini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat.
Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar