Sukses

Haid Terus Setelah Suntik KB 3 Bulan

26 Mar 2016, 14:02 WIB
Wanita, 25 tahun.

dokter saya habis melahirkan anak pertama saya. lalu saya kb suntik 3bulan tp kenapa saya haid terus dok. apa saya tidak cocok?sedangkan saya tidak tidak ingin kb yg lain. mohon solusinya.terimakasih dokter.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kontrasepsi suntikan KB 3 bulan mengandung long-acting progestin, yaitu Norestiteron enantat (NETEN) dengan nama dagang depomedroksi progesterone acetat (DPMA), 150 mg yang diberikan setiap 3 bulan. Hormon ini akan berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan dengan cara kerja mempengaruhi sistem hormon di dalam tubuh.

Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik bisa tidak mens. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. Darah tersebut berasal dari peluruhan lapisan dinding rahim seperti darah haid yang mengalami ketidakteraturan akibat pengaruh hormon.

Dampak lanjutan dari efek samping KB dimana haid memanjang dan/atau disertai jumlah perdarahan yang banyak adalah anemis (kekurangan darah). Hal ini dapat mengacu kepada kondisi yang berbahaya. Untuk itu, akan lebih baik jika anda kembali berkonsultasi dengan dokter kebidanan dan kandungan anda terkait ketepatan jenis KB yang dapat anda gunakan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar