Sukses

Batuk Dengan Dahak Bercampur Darah

15 Aug 2015, 21:47 WIB
Wanita, 21 tahun.

assalamualakum dokter.saya ingin menanyakan masalah kesehatan saya.saya sudah mengalami batuk dan flu dalam beberapa hari ini.yang saya keluhkan saat saya mengeluarkan dahak,dahak tersebut bercampur dengan darah.hal tsb terjadi hanya saat batuk saya sangat keras saja dan terjadi hanya sesekali saja.apakah itu penyakit berat atau hanya luka karna batuk saya terlalu keras?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). 

Dahak biasanya diproduksi oleh tubuh misalnya ada infeksi, ada alergi, ada penggunaan berlebih dari suara, dsb. Dahak yang tidak dikeluarkan akan terus merangsang reseptor batuk di saluran napas dan dapat sangat mengganggu. Karena itu, untuk mengatasi dahak dilakukan dengan mengeluarkan dahaknya. Yang Anda katakan dahak disertai darah itu diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Bila ada sedikit darah bisa disebabkan oleh adanya cedera saluran pernafasan, bila darah yang cukup banyak bisa disebabkan oleh beberapa penyakit saluran pernafasan seperti tuberkulosis, kanker paru-paru, bornkitis, dan banyak lagi. 

Pengeluaran dahak dapat dibantu dengan menggunakan obat batuk yang mengandung mukolitik ataupun ekspektoran. Mukolitik berfungsi untuk memecahkan lendir yang kental sehingga lebih mudah dikeluarkan. Dahak yang bercampur dengan darah yang sedikit  kemungkinan besar disebabkan adanya lecet di saluran pernafasan akibat pengeluaran dahak yang terlalu keras dan dicampur dengan adanya infeksi. 

Kami lampirkan sebuah artikel untuk Anda baca terkait batuk berdahak:

Jangan Anggap Sepele Batuk Berdahak

Kami menganjurkan agar sebaiknya Anda konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam. Sebab untuk kasus Anda sepertinya dibutuhkan pemeriksaan fisik lengkap dan juga pemeriksaan penunjang. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar