Sukses

Penyebab Masuk Angin

26 Mar 2016, 14:06 WIB
Wanita, 17 tahun.

3 tahun lalu, saya pernah menjalani operasi pengangkatan limpa. Setelah itu, saya sering merasakan sakit pada ulu hati pada waktu waktu tertentu. Sakit itu seperti masuk angin yang membuat saya sulit bernapas dan melilit kesakitan. Sebelum operasi itu, saya juga pernah mengalami masuk angin, namun hanya masuk angin biasa dan tidak se-dahsyat sakitnya setelah menjalani operasi. Pertanyaannya, apa penyebab masuk angin itu, dan bagaimana cara mengobati atau menghindarinya.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Dalam dunia kedokteran sebenarnya tidak dikenal istilah penyakit 'masuk angin'. Kemungkinan yang Anda alami adalah gejala sakit maag. Maag dalam dunia medis disebut dengan Dispepsia. Dispepsia adalah nyeri atau gangguan tidak spesifik yang terjadi di daerah perut bagian tengah. Nyeri dapat hilang timbul, namun biasa nya terus-menurus. Semua orang dalam hidupnya pasti pernah mengalami nyeri atau gangguan ini. Tidak ada perbedaan jenis kelamin, laki-laki maupun perempuan dapat mengalami hal ini. 1 diantara 4 orang pasti mengalami hal ini.

Di bawah ini beberapa gejala yang sering terjadi:

  • Nyeri dan rasa panas di daerah lambung (ulu hati)

  • Rasa penuh di perut bagian atas

  • Kembung

  • Rasa panas di daerah dada

  • Mual

  • Muntah

  • Sering bersendawa

Obat-obatan biasanya  dapat menangani gangguan ini. Apabila anda mengalami luka (ulkus) lambung dapat mengkonsumsi obat anti-asam lambung. Apabila curiga ada infeksi maka antibiotic dapat diberikan. Bila dokter curiga obat-obatan yang anda minum menyebabkan gangguan, maka akan diberikan obat lain. Obat yang berfungsi menekan pengeluaran asam lambung akan mengurangi rasa nyeri dan baik untuk penyakit kelebihan asam lambung.

Obat tersebut bisa didapatkan dengan resep dokter. Untuk mendapatkan obat-obat ini maka anda perlu memeriksakan diri kepada dokter terdekat dikota Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar