Sukses

Tanda dan Gejala Penyakit Jantung

25 Mar 2016, 20:27 WIB
Wanita, 43 tahun.

Saya nak tanya adakah sakit sendi pada lengan salah satu punca sakit jantung,dulu saya pernah axcident dan tulang bahu berselisih bila waktu sejuk tangan saya rasa kebas lagi satu bila saya kunyah makanan mulut berbunyi dibahagian rongga adakah ini juga tanda penyakit jantung.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Gejala yang anda rasakan tidak spesifik untuk penyakit jantung. Namun, tidak ada salahnya jika anda periksaan kepada dokter terdekat dikota Anda. Untuk menjawab lebih lanjut pertanyaan anda akan kami jelaskan tanda dan gejala penyakit jantung.

Tanda awal serangan jantung dapat bermanifestasi sebagai satu gejala atau kombinasi diantaranya. Umumnya gejala berlangsung sekitar 10 menit, dapat timbul secara mendadak atau memburuk secara cepat. Secara garis besar, gejala tersebut antara lain,

  • Rasa tidak nyaman atau nyeri pada dada, yang dikenal dengan angina. Terjadi akibat otot jantung tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Sifat tidak nyaman atau nyeri dapat seperti ditindih beban berat, ditekan, atau ditusuk. Beberapa orang menggambarkannya seperti ditindih gajah atau dada seperti diikat sabut yang sangat kencang. Keluhan ini dapat juga dirasakan pada bagian tubuh atas lainnya.
  • Rasa tidak nyaman atau nyeri pada bagian atas tubuh seperti lengan, bahu, leher, rahang, punggung. Pada tenggorokan dapat berupa rasa tercekat, pada lengan dapat berupa lengan terasa amat berat dan tidak dapat digunakan.
  • Gejala lainnya, seperti yang sering dirasakan oleh penderita gagal jantung adalah sesak napas, kelelahan, berdebar-debar, mual, keringat dingin, dan pusing atau kliyengan.

 

Gejala-gejala di atas tidaklah mutlak dan dapat bervariasi pada setiap individu, terutama mereka yang memiliki faktor risiko penyakit jantung. Nyeri yang dirasakan pria dan wanita juga sering kali tidak sama.

Pada pria, angina sering kali dirasakan adalah nyeri dada seperti diremas atau ditekan, dengan nyeri menjalar ke lengan. Angina memburuk dengan aktivitas fisik dan hilang dengan istirahat.

Pada wanita, keluhan yang kerap dirasakan adalah nyeri dada seperti terbakar atau ditusuk, terkadang diikuti nyeri di leher, rahang, tenggorokan, perut, hingga punggung. Angina pada wanita dapat muncul ketika istirahat, maupun beraktivitas seperti memasak, berbelanja, atau berolahraga.

Stres emosional juga dapat memicu angina, lebih sering pada wanita dibandingkan dengan pria. (Baca: 7 Gejala Jantung Pada Wanita)

Apabila Anda mengalami gejala di atas, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah hentikan aktivitas fisik Anda, minta bantuan orang di sekitar Anda, lalu segeralah periksakan diri ke dokter atau pusat kesehatan terdekat.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar