Sukses

Nyeri Lutut Akibat Menopang Saat Terjatuh

05 May 2015, 09:46 WIB
Pria, 24 tahun.

lutut kiri trasa sakit nyeri saat menopang akibat jatuh 5hari yg lalu. Tidak luka ataupun memar. itu krn syaraf ato gmn yah dok?

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Nyeri pada daerah lutut pasca trauma dapat disebabkan oleh pembengkakan dan peradangan jaringan di sekitar lutut seperti otot, atau ligamen, dapat pula disebabkan robekan pada ligamen lutut. Bila terdapat pembengakakan pada otot memang dapat menyebabkan keluhan nyeri dan biasnya akan berangsur pulih dalam dan membaik dalam 5 hari hingga 2 minggu. Bila terdapat robekan maka diperlukan evaluasi lebih lanjut dan penanganan yang lebih intensif. 

Terdapat 4 jenis ligamen yang berada di sekeliling lutut, antara lain:

  • Medial collateral ligament (MCL) 

  • Lateral collateral ligament (LCL) 

  • Anterior cruciate ligament (ACL)

  • Posterior cruciate ligament (PCL) 

Cedera ligamen lutut paling sering mengenai ACL (ligamen yang berada di tengah depan). Penyebab tersering adalah terkena hantaman keras di sisi lutut seperti saat bermain sepak bola, hiperekstensi lutut, akibat stop tiba-tiba dan berubah arah saat lari, posisi turun saat loncat yang salah. Olahraga basket, sepakbola, dan ski merupakan jenis olahraga yang dihubungkan dengan cedera ligamen lutut.

Untuk permeriksaan ligamen yang robek misalnya robekan MCL atau ACL, dapat didiagnosis dengan pemeriksaan fisik. Untuk pemeriksaan penunjang, dapat dilakukan pemeriksaan seperti MRI ataupun arthroscopy (pemeriksaan invasif dengan dilakukan tindakan pembedahan untuk diagnostik)

Untuk mengetahui penyebab pasti keluhan Anda memang dibutuhkan pemeriksaan fisik langsung dan pemeriksaan penunjang ulangan. Oleh sebab itu kami sarankan Anda berkonsultasi ke dokter spesialis ortopedi (bedah tulang)untuk mengetahui penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar