Sukses

Obat Herbal Dalam Kehamilan
11 Feb 2016, 09:36 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok, saya mempunyai siklus haid yang tidak teratur, Terakhir haid itu 2 bulan yang lalu (akhir feb 2015) itupun dengan bantuan obat cycloproginova..2 minggu yang lalu saya pergi 17/4/2015 kedokter untuk meminta obat agar haid lagi, setelah di transvagina saya dinyatakan kista ovari berukuran 4cm. tapi tidak haid juga dan akihirnya saya beli herbal.yang disitu tertera tidak untuk orang hamil.setelah 2 minggu saya minum obat dan 1 minngu saya minum herbal ternyata tidak kunjung haid juga. dan tepatnya hari ini 30/4/15 saya kedokter lagi dan dinyatakan hamil 6 week 4 hari. yang mau saya tanyakan kenapa bisa terjadi hal demikian?jika dipikir kandungan saya saat transvagian 2 minggu yang lalu adalah berumur 4 week. dan sekarang bahaya kan keadaan janin saya karena telah mengkonsumsi obat yang tidak semestinya untuk ibu hamil.?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Bila obat herbal sudah terlanjur dikonsumsi dan ternyata hamil, maka tidak ada lagi yang dapat dilakukan. Tentunya zat yang terkandung dalam obat herbal tersebut telah terserap tubuh dan berpotensi masuk juga kedalam plasenta hingga ke janin.

Namun, kami tidak dapat memastikan bahaya apa yang dapat terjadi, karena tidak mengenal obat hernal apa yang anda konsumsi dan apa kandungannya.

Saat ini yang terpenting, anda perlu lebih berhati-hati, dan lakukan pemeriksaan kehamilan rutin sesuai dengan jadwal yang dianjurkan. Dengan demikian apabila ditemukan adanya tanda-tanda gangguan pada tumbuh kembang janin, anda dapat diskusikan kembali kepada dokter spOG anda.

Selain itu, anita hamil harus mengonsumsi makanan bergizi lengkap (karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral) dengan banyak variasi. Kurangnya asupan zat gizi saat hamil dapat mengganggu proses tumbuh kembang janin dalam kandungan. Setiap wanita hamil membutuhkan tambahan kalori sekitar 300 kalori/hari. Kalori tersebut digunakan untuk metabolisme tubuh ibu dan pertumbuhan serta perkembangan janin. Nasi merupakan sumber karbohidrat utama dalam makanan. Jika tidak dapat mengkonsumsi nasi, maka anda sumber karbohidrat lain yang dapat menggantikan nasi adalah seperti kentang, roti, jagung, ubi, kacang-kacangan, spaghetti, dll. Selain itu, sebaiknya menghindari produk-produk yang tidak diketahui dengan pasti kandungannya termasuk tanaman herbal.

Kami sertakan artikel kami yang berjudul Makanan Selama Kehamilan10 Mitos Makanan Terkait Kehamilan dan Nutrisi Kehamilan. yang dapat Anda baca untuk informasi lebih lanjut mengenai makanan pada ibu hamil.

Untuk memantau kehamilan Ibu, Anda dapat mengunjungi Kalender Kehamilan yang kami miliki.

Kami juga sertakan artikel untuk mengatasi berbagai keluhan dalam kehamilan.

Agar Tetap Nyaman Saat Hamil

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar