Sukses

Alergi Udara Dingin dan Udara Panas

19 May 2015, 10:22 WIB
Wanita, 20 tahun.

saya mau tanya dok. kalau udara sangat panas atau snagat dingin, dan saat berkeringat kulit saya suka menjadi gatal-gatal dan muncul bentol. dan bentolnya suka menyebar, kalau tidak minum obat gatal selalu bertambah banyak. apakah itu alergi ya dok? bagaimana solusinya? terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Jika bentol yang anda alami berukuran besar, seperti pulau-pulau yang menimbul diatas permukaan kulit, dan tersa sangat gatal, maka memang kemungkinan kondisi yang anda alami tersebut merupakan proses alergi atau disebut urtikaria, atau biduran (lebih dikenal masyarakat).

Pencetusnya dapat berupa perubahan kondisi suhu lingkungan, misalnya cuaca yang dingin atau cuaca panas, mandi dengan air dingin / mandi dimalam hari, debu dan hal lain yang serupa. Pada penyebab akibat cuaca panas, bentol yang timbul dapat berukuran lebih kecil menyerupai biang keringat, namun tetap terasa gatal, dan dapat hilang dengan sendirinya.

Jika benar kondisi tersebut merupakan urtikaria, disaaat serangan terjadi, anda dapat mengkonsumsi obat anti alergi (antihistamin) tanpa resep dokter, namun harus sesuai dengan petunjuk dan dosis obat tersebut.\

Namun yang terpenting dari penanganan urtikaria adalah, menghindari pencetusnya. Jika anda sudah mengenai faktor pencetus anda, sebaiknya anda mulai membiasakan diri untuk menghindari hal tersebut.

Namun kami tetap mengharapkan anda untuk tetap melakuakn pemeriksaan kepada dokter terdekat, terutama apabila kondisi ini terus berlanjut, untuk dapat memastikan penyebab kondisi anda dan mendapatkan penanganan yang optimal.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar