Sukses

Telinga Tidak Ada Serumen

23 Feb 2016, 20:10 WIB
Wanita, 36 tahun.

Anak saya usia 6 th saya perhatikan kondisi telinganya selalu kering tidak menghasilkan serumen diandingkan anak saya yang pertama (8th), apakah kondisi ini masih normal? Bagaimana solusi untuk kebersihan telinganya dengan kondisi seperti ini? Terima kasih Dokter.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Produksi serumen tiap individu tentunya berbeda-beda dari segi jumlah maupun konsistensinya (kering, lembek, padat). Untuk itu anda tidak perlu khwaatir jika tidak ada keluhan lain yang dirasakan anak, karena hal tersebut merupakan kondisi normal.

Hal yang terbaik yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan telinga adalah dengan mengusap lembut bagian luar telinga dengan menggunakan handuk yang direndam air hangat. Bagian luar telinga merupakan tempat dimana terdapat sel-sel kulit yang mati, kotor dan tempat berakhirnya serumen yang dikeluarkan dari liang telinga, sehingga penggunaan handuk hangat merupakan cara yang mudah dan aman untuk membersihkan telinga. Jika ingin membersihkan telinga anak, memang sebaiknya saat anak tenang atau dengan mengunjungi dokter untuk prosedur ekstraksi kotoran telinga. Anda dapat mengetahui lebih lengkap cara membersihkan telinga anak pada artikel yang kami  siapkan berikut: Cara Membersihkan Kuping Anak yang Benar

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar