Sukses

Menjaga Kesehatan Dan Kebersihan Gigi Anak

01 May 2015, 08:40 WIB
Pria, 1 tahun.

anak saya berusia 14 bulan dan sudah mempunyai gigi sejak usia 9 bulan, sekarang giginya sudah 8. anak saya susah untuk gosok gigi, dan biasanya kami gosok saat setelah tidur malam dan pagi hari setelah mandi (ini meronta-ronta dia), saat ini giginya sudah mulai ada bintik2 coklat, kami khawatir kalau sampai dia sakit gigi (kasihan), kalau menurut dokter apa yang harus kami lakukan? bagaimana cara terbaik kami dapat membersihkan giginya? adakah tips dan triknya? terima kasih dok

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami turut prihatin atas kondisi anak Ibu dan memahami kekhawatiran Ibu. Kerusakan pada gigi bayi atau balita yang umum adalah karena pola makan yang salah dan kebersihan giginya yang tidak maksimal. Pemberian susu atau minuman manis lainnya dalam jangka waktu yang lama bahkan sampai tertidur sangat beresiko merusak gigi hingga gigi menjadi berlubang. Apakah dalam memberikan susu pada anak Anda menggunakan botol dot? apakah diberikan sampai anak tertidur? apakah diberikan dalam jangka waktu yang lama dan sering menggunakan botol dot? bagaimana dengan kebersihan giginya? apakah disikat atau dibersihkan dengan menggunakan pasta gigi sesuai dengan cara yang benar ?. Perlu Anda ketahui bahwa pemberian susu dalam botol dot dalam jangka waktu yang lama atau sering atau sampai anak tertidur adalah suatu kebiasaan yang sangat destruktif bagi gigi anak terlebih lagi jika gigi anak tidak terjaga kebersihannya.

Cara terbaik untu menjaga kebersihan gigi anak adalah dengan menyikatnya menggunakan sikat gigi dan pasta gigi yang sesuai dengan usianya. Menyikat gigi harus dilakukan dengan metode yang benar agar seluruh permukaan gigi dapat benar-benar bersih. Hndari makanan tinggi kadar gula dan juga periksakan atau kontrolah ke dokter gigi atau dokter gigi spesialis anak minimla 2 kali setahun atau sesuai saran dokter gigi.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar