Sukses

Penyebab Mimisan Pada Anak

23 Feb 2016, 20:11 WIB
Pria, 40 tahun.

Salam, Anak saya sudah 2x mimisan, pertama sep 14 saat itu dia sedang pilek dan kedua des 14 saat itu sedang tidur (ruang ac 26oC)... Sudah periksa ke dr anak dan THT.. di cek sel darah tepi dan demam berdarah... Tak ada demam saat mimisan... Hasil test baik. Apa ini mimisan biasa? Saya khawatir jika ada kanker pembuluh darah..(dulu teman saya pernah, dan mimisan terus menerus). Terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Mimisan atau epistaksis adalah perdarahan hidung bagian dalam karena pecahnya pembuluh darah. Epistaksis terbagi 2 yaitu Epistaksis Anterior berasal dari bagian depan hidung dengan asal perdarahan dari pleksus kiesselbach (kumpulan pembuluh darah). Epistaksis Posterior umumnya berasal dari rongga hidung posterior dengan asal perdarahan dari cabang pembuluh darah arteri sfenopalatina.

Anak-anak biasanya mengalami epistaksis anterior. Umumnya epistaksis anak ini terjadi karena mukosa hidung yang rapuh (karena infeksi saluran napas atas, pengeringan mukosa, penggunaan steroid inhalasi melalui hidung) atau didahului dengan trauma minor yaitu anak mengorek hidung, menggaruk, bersin, batuk atau mengedan. Mungkin juga ada penyebab lain seperti polip hidung, kelainan darah, tumor, ataupun benda asing di hidung.

Mimisan seringkali terjadi spontan tanpa dapat ditelusuri sebabnya. Keluhan ini sering ditemukan apabila terlalu letih atau lama terkena sinar matahari, dan biasanya dapat berhenti sendiri. Hal ini terjadi karena masih rapuhnya pembuluh darah yang sering menjadi sumber perdarahan pada anak-anak

Penyembuhannya akan tergantung penyebabnya. Apabila mimisan hanya terjadi ketika terdapat faktor pencetus seperti panas matahari, kelelahan, ISPA, dll, maka cobalah untuk menghindari pencetus tersebut. Mimisan pada anak-anak umumnya tidak berbahaya.

Yang dapat dilakukan saat menghadapi anak mimisan adalah:

  1. Memintanya untuk duduk atau berbaring dengan kepala diganjal bantal. Jangan membuatnya mendengakkan kepala ke atas karena dapat menyebabkan gumpalan darah pada saluran napas akibat darah tidak dapat keluar.
  2. Ambil kassa secukupnya, gulung kemudian masukkan ke dalam lubang hidung anak yang mimisan, diamkan selama 15-30 menit hingga darah berhenti.

Bila setelah 30 menit darah tetap tidak berhenti, segera bawa anak tersebut berobat ke dokter. Pertama-tama dokter akan menggunakan tampon yang telah ditetesi adrenalin 1/10.000 dan/atau lidokain 2%. Mimisan yang tidak berhenti setelah di tampon selama paling tidak 30 menit, harus dipikirkan kemungkinan penyebab lain seperti benda asing, infeksi, tumor, kelainan sistemik, dsb. Keadaan ini juga memerlukan penanganan khusus pada sumber perdarahannya. Semoga dapat dipahami dengan baik.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar