Sukses

Penyebab Sakit Kepala

23 Feb 2016, 19:28 WIB
Wanita, 22 tahun.

Halo Dok. Saya mau bertanya. Saya biasa bekerja selama -+ 8 jam di depan komputer. Saya punya riwayat 'kecelakaan kecil', pelipis kiri saya terbentur kaso kayu jati cukup keras saat usia 14 tahun. Saat itu saya diberikan P3K hanya dengan alkohol untuk membersihkan luka dan obat luar untuk luka biasa. Sejak kejadian itu, sampai sekarang saya sering mengalami sakit kepala mencengkeram. Saat sedang dalam aktivitas di luar ruangan (outdoor) khususnya pada saat sinar matahari sedang terik, saya dengan mudah merasakan sakit kepala bahkan hingga larut malam. Yang saya mau tanyakan, apakah sakit kepala saya ini disebabkan karena kondisi mata saya yang sering bekerja di depan komputer terlalu lama, atau karena efek benturan di pelipis saya itu yah, Dok? Terima kasih, dan salam sehat.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelumnya, kami ingin menanyakan beberapa pertanyaan:

  • Berapa lama nyeri tersebut bertahan?
  • Ketika apa Anda mengalami nyeri tersebut? Apakah stres, dsb?
  • Apakah nyeri tersebut mengganggu aktivitas dan tidur Anda?

Ada berbagai macam nyeri kepala, yaitu :

  1. Sakit kepala tipe tension, umumnya dilatari oleh faktor stres. Sakit dirasakan di seluruh kepala, terasa tegang, seperti diikat, atau tertimpa beban berat.
  2. Migrain, dapat dicetuskan oleh beberapa faktor. Nyeri dirasakan berdenyut dan hanya pada satu sisi kepala. Dapat disertai aura maupun tanpa aura.
  3. Sakit kepala tipe cluster, jenis nyeri kepala sebelah yang hebat, biasanya disertai oleh mata yang berair serta hidung yang tersumbat ataupun mengeluarkan banyak lendir

Selain itu, sakit kepala juga dapat disebabkan oleh keadaan lain, yaitu :

  1. Penyakit daerah THT (telinga hidung tenggorokan), seperti sinusitis, infeksi telinga, flu (hidung atau telinga tersumbat), dan lain-lain.
  2. Penyakit di otak : kelainan pembuluh darah otak (aneurisma, kelainan arteri dan vena, sumbatan vena, stroke sumbatan ataupun stroke perdarahan), tumor otak, infeksi otak (meningitis, ensefalitis, toksoplasmosis), trauma pada kepala (gegar otak, benturan pada kepala).
  3. Masalah pada gigi (terutama gigi berlubang).
  4. Keracunan karbon monoksida.
  5. Penyakit pada mata (benturan pada mata, glaukoma, dan lain-lain).
  6. Kelainan pada saraf wajah (trigeminal neuralgia), dan lain-lain.

Untuk memastikan penyebab sakit kepala Anda, kami sarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter saraf.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar