Sukses

Kiat Mengatasi Maag dan Menurunkan Berat Badan

03 Jun 2015, 10:24 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat siang Dok, saya memiliki masalah pada berat badan, dalam 8 bulan berat badan saya naik menjadi 10kg. Sekarang berat badan saya 65kg. Bagaimana saya ingin cepat menurunkan berat badan sementara saya memiliki maag? Makanan apa saja yaang harus saya hindarai agar maag saya sembuh dan berat badan saya turun seperti semula? Terimakasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Penyakit maag atau dalam dunia medis dikenal dengan gastritis disebabkan oleh asam lambung yang berlebih. Kesembuhan penyakit ini ditentukan kendisi penyakit itu sendiri sudah seperti apa.

Apabila sudah didiagnosis penyakit ini, yang dapat dilakukan adalah menjaga agar kondisi lambung tidak bertambah parah selain mengkonsumsi obat anjuran dokter tentunya.

Untuk menjaga kesehatan lambung, Anda sebaiknya makan tepat waktu dan menghindari rokok, alkohol, serta stress yang dapat memicu sekresi asam lambung.

Inilah beberapa solusi dari kami, silakan klik next untuk melanjutkan.

Kiat Mengatasi Maag dan Menurunkan Berat Badan

Untuk mengatasi keluhan lambung yang Anda dapat lakukan adalah : 

  1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)

  2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. 

  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari 

  4. Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)

  5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) 

  6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat mengganggu

  7. Hindari pemakaian obat antiradang dan antinyeri tanpa rekomendasi dari dokter

Memiliki tubuh ideal memang idaman setiap manusia. Usaha yang dapat dilakukan untuk membuat bentuk tubuh yang ideal pun sangat beragam. Mulai dari pengaturan makan, olahraga, sampai dengan usaha operatif seperti tummy tuck. Namun sebenanrya, kunci penting dari menjaga berat badan adalah kalori yang seimbang.

Sering kita dengar bahwa orang sibuk menghitung kalori dari makanan yang sudah dimakan. Tidak jarang juga pada saat olahraga, orang menghitung jumlah kalori yang telah terbuang. Apakah kalori itu? Kalori adalah sebuah satuan untuk mengukur energi, seperti kilogram untuk mengukur berat badan dan seperti meter untuk mengukur jarak. Sejumlah energi yang dikeluarkan untuk mengerjakan suatu aktivitas diukur dengan satuan pembakaran kalori.

Bagaimana caranya membakar kalori? Sebenarnya caranya sangatlah mudah. Apabila seorang manusia hidup, maka secara konstan tubuh kita akan membakar kalori untuk membuat tubuh tetap berfungsi dengan baik. Namun, yang menjadi masalah adalah apakah sejumlah kalori yang kita makan sesuai dengan kalori yang kita buang dengan aktivitas sehari-hari saja? Untuk membakar kalori lebih banyak, kuncinya adalah beraktivitas lebih banyak maka kalori yang terbuang akan lebih banyak.

Berapa banyak kalori yang harus dibuang untuk mengurangi setengah kilogram berat badan? Untuk membuang setengah kilogram berat badan, Anda harus membakar 3500 kalori. Lalu bagaimana dengan, untuk mengurangi berat badan sebanyak 10 kilogram? Untuk mengurangi berat badan sebanyak 10 kilogram, Anda harus membakar kalori sebesar 70.000 kalori lebih banyak daripada kalori yang Anda makan. Biasanya dalam satu hari seseorang memakan sekitar 1800 sampai dengan 2000 kalori.  Apabila dihitung dalam rata-rata, seseorang harus membuang sekitar 2500 kalori dalam sehari berturut-turut selama 140 hari atau sekitar kurang lebih 5 bulan apabila ingin menurunkan berat badan sebanyak 10 kilogram.

Untuk menurunkan berat badan, maka seseorang harus membuang kalori lebih banyak daripada yang ia makan. Sebagai contoh apabila mengkonsumsi 1800 kalori dalam sehari, maka untuk menurunkan berat badan setidaknya membuang 2300 kalori dalam sehari. Sehingga kalori tersebut akan diambil dari penumpukan lemak di tubuh dan otot. Hal inilah yang menyebabkan mengapa kita harus berolahraga. Olahraga akan membakar lemak dan membangun massa otot untuk mencapai bentuk tubuh ideal.

Latihan intensitas tinggi dipercaya sebagai cara terbaik untuk menurunkan lemak tubuh, latihan intensitas tinggi selama lebih dari 30 menit dapat membakar lemak tubuh. 

Latihan intensitas tinggi dan intermiten merupakan salah satu bentuk latihan kardiovaskular (kardio). Latihan kardio atau disebut juga latihan aerobik merupakan aktivitas fisik yang menghasilkan aktivitas aerobik. Aktivitas aerobik merupakan suatu aktivitas tubuh yang menggunakan oksigen untuk memenuhi kebutuhan energi selama latihan.  Contoh latihan aerobik atau kardio adalah lari, lari kecil (jogging), berenang, bersepeda, dan berjalan. Latihan intensitas tinggi dan intermiten diawali dengan pemanasan kemudian diikuti 3-10 pengulangan latihan intensitas tinggi dan intermiten pada pertengahan periode latihan intensitas tinggi, dilakukan latihan intensitas sedang, dan diakhiri dengan latihan pendinginan.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar