Sukses

Rambut Kering dan Rontok

29 Apr 2015, 08:32 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok sy mau nanya.. Penyebab rmbut kering dan rontok itu apa? Apa pola makn pun brpngruh? Cra ngatasinnya gmana dok? Mksh.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhwatiran yang Anda rasakan. Pertumbuhan rambut normal berlangsung selama 2-6 tahun. Masing-masing rambut tumbuh sebanyak 1 cm/bulan dalam fase ini. Sekitar 90% dari rambut di kepala tumbuh setiap saat, 10% sisanya dalam fase istirahat. Setelah 2-3 bulan, rambut yang berada dalam fase istirahat rontok dan rambut baru mulai tumbuh pada tempat yang sama. Suatu hal yang normal apabila mendapatkan rambut yang rontok setiap hari. Rata-rata kulit kepala memiliki sekitar 100.000 helai rambut, dan secara kasar 50-100 helai rambut dapat rontok setiap hari. Hal tersebut masih berada di dalam batas normal.

Rambut tipis diakibatkan karena kerontokan. Jika rambut Anda sudah rontok sekitar lebih dari 100 helai rambut/hari, terdapat beberapa hal yang dapat menjadi faktor penyebab, yaitu faktor herediter (keturunan) dan faktor yang didapat (karena penyakit atau keadaan tertentu). Rambut rontok yang disebabkan oleh faktor herediter, tidak dapat disembuhkan, yang dapat dilakukan adalah mencegah agar kerontokan rambut  tidak terlalu cepat.  Sedangan untuk faktor yang didapat, dapat disebabkan oleh karena penyakit tertentu seperti infeksi/gangguan pada kulit kepala (jamur, bakteri, kutu), anemia, demam, sakit tifus ataupun akibat keadaan-keadaan tertentu seperti salah perawatan rambut, proses yang dilakukan pada rambut seperti pengecatan, pengeritingan, maupun pelurusan rambut.

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, untuk mencegah kerontokan rambut seperti: 

  • banyak makan makanan yang banyak mengandung protein dan zat besi
  • hindari stres
  • hindari obat-obatan yang mengganggu pertumbuhan rambut
  • rajin olah raga untuk memperlancar peredaran darah
  • cukup istirahat
  • stop merokok (pada yang merokok)
  • hindari pemakaian pengering rambut dan keramas dengan air panas
  • hindari pemakaian bahan - bahan kimia di rambut 

Bila hal-hal tersebut telah Anda lakukan namun kerontokan tidak kunjung berkurang, segeralah berkonsultasi ke Dokter Spesialis Kulit untuk dievaluasi faktor-faktor penyebab yang mendasari, agar Anda bisa mendapatkan pengobatan yang tepat.

Rambut Kering dan Rontok

Berikut, tips-tips yang dapat Anda terapkan untuk mendapatkan rambut sehat dan lembut :

  1. Konsumsi makanan-makanan yang sehat untuk Rambut. Kami sertakan artikel Makanan Sehat untuk Rambut dan Makanan Cegah Rambut Rontok.
  2. Cucilah rambut Anda dengan air hangat (jangan terlalu panas). Anda juga dapat melakukan pemijatan ringan dengan shampo saat mencuci rambut. Cucilah rambut setiap dua hari sekali. Jarang mencuci rambut akan menyebabkan rambut kotor dan bermasalah.
  3. Gunakan conditioner dengan teratur, terutama untuk rambut yang dicat, kering, kasar, serta sering menggunakan bahan kimia dan mengalami pengeringan/pelurusan.
  4. Gunakan sisir dengan ujung yang tumpul, lembut, dan bergigi jarang, serta jangan menyisir rambut saat basah.
  5. Jangan mengikat rambut saat basah dan hindari pengikatan atau pengepangan rambut yang terlalu keras.
  6. Anda perlu menghentikan penggunaan bahan-bahan kimia, pengering dan pelurusan rambut untuk sementara waktu.
  7. Lindungi rambut Anda dari sinar matahari yang terik, misal dengan menggunakan topi.
  8. Sebelum berenang, cucilah rambut Anda terlebih dahulu. Rambut yang basah terlebih dahulu dapat melindungi rambut dari menyerap bahan kimia pada air kolam renang.

Demikianlah informasi yang dapat Kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar