Sukses

Mengatasi Varises dan Bekas Luka

29 Apr 2015, 09:06 WIB
Wanita, 35 tahun.

dok sekujur kulit ada bercak2 hitam bekas luka garuk kerna gatal alergi , bagaimana mengatasi varises di kaki sy tidak percaya diri kerna kaki n betis smp paha ada varises kecil2 seperti sarang laba2 sy belum pernah menikah

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Varises pembuluh darah vena disebabkan oleh pengumpulan darah pada vena bagian perifer (tepi) akibat tidak efisiennya katup yang ada. Pada kondisi normal, katup pada vena mencegah darah kembali mengalir ke tungkai. Peningkatan tekanan akibat kurangnya olahraga, obesitas, sering memakai hak tinggi, dapat melambatkan aliran darah yang terkadang menyebabkan pembesaran atau pembengkakan dari pembuluh vena.

Varises vena dapat berupa pelebaran vena yang berwarna biru di permukaan kulit, gatal, dan menyebabkan rasa tidak nyaman. Kaki dan persendian dapat menjadi bengkak. Terapi penekanan dengan menggunakan stoking khusus dapat mengurangi gejala varises yang sudah terjadi namun tidak dapat mencegah varises yang akan terjadi. Yang dapat anda lakukan untuk mencegah terjadinya varises diantaranya adalah :

  • Hindari duduk atau berdiri dalam waktu lama, ubah posisi secara berkala
  • Hindari berada dalam posisi yang membatasi peredaran darah pada tungkai (seperti menyilangkan kaki ketika duduk)
  • Tinggikan posisi tungkai dan kaki ketika duduk
  • Berolahraga secara teratur
  • Pemakaian stoking namun hindari pakai celana yang terlalu ketat di bagian tungkai

Berolahrga teratur dapat melancarkan aliran pembuluh darah di kaki. Selain itu juga jangan terlalu sering memakai sepatu hak tinggi dengan hak yang runcing. Anda juga dapat mengkonsumsi obat untuk varises yang dapat diresepkan oleh dokter.

Mengatasi Varises dan Bekas Luka

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Masing-masing jenis bekas luka memerlukan penanganan yang berbeda-beda. Dasar penanganan bekas luka yang menghitam pada daerah tersebut biasanya dapat menggunakan krim. Bila bekas luka masih baru dan tidak terlalu dalam, Anda dapat mengoleskan krim mengandung hidrokuinon 2% yang dijual di pasaran. Krim hidrokuinon 2% termasuk dalam dosis yang aman, dan penggunaannya harus tepat hanya pada bekas luka saja dan aplikasikan pada malam hari. Yang diperlukan saat ini adalah menjaga kebersihan, dan perlu diusahakan agar daerah  tidak mudah bergesekan (tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat).

Hindari penggunaan bahan/krim apapun sebelum berkonsultasi dengan dokter, agar tidak timbul iritasi. Iritasi yang terjadi dapat memperparah bekas luka Anda. Bekas luka hitam tersebut dapat disamarkan, namun tentunya memerlukan waktu. Untuk itu, kami sarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter kulit untuk petunjuk terapi lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar