Sukses

Keluar Cairan Bening Dari Bekas Luka
22 Feb 2016, 18:22 WIB
Pria, 45 tahun.

dok 2 thun yang lalu saya jatuh dari motor terus kaki pada luka sekarang di bekas luka sering keluar cairan bening , airan nya gak bau namun keluar terus terusan . makasih dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Luka memang perlu dirawat dengan baik. Waktu penyembuhan luka bervariasi pada setiap orang, tergantung dari ada tidaknya infeksi, aliran darah ke daerah luka, nutrisi, dan penyakit yang diderita (seperti kencing manis, dll).

Karena bekas luka anda sudah sejak 2 tahun yll, dan masih mengeluarkan cairan bening spt yang anda sampaikan, maka akan lebih baik jika diperiksakan kembali kepada dokter terdekat untuk memastikan apa cairan tersebut dan darimana asalnya. Dengan demikian dapat dipikirkan bagaimana penanganan yang tepat.

Untuk mendukung proses penyembuhan luka, Anda perlu memperhatikan kebersihan luka  agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Perawatan luka yang baik juga merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan untuk mempercepat penyembuhan luka. Pertahankanlah agar luka selalu dalam keadaan bersih, dan tutuplah luka dengan kassa steril selama luka tersebut belum menutup secara sempurna (kassa diganti dua kali dalam sehari). Selama luka masih basah, bersihkan dan kompres dengan kassa lembab yang telah dibasahi cairan infus NaCl 0,9% atau air masak yang bersih minimal 2x/hari. Ketika akan mengganti kassa, jangan lupa membasahi kassa sedikit agar tidak lengket dan menimbulkan luka baru. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar