Sukses

Jadwal Vaksin HPV
16 Aug 2015, 10:32 WIB
Wanita, 26 tahun.

Siang,sy akan vaksin HPV tp kl dihitung2 pas vaks.3 itu jdwlny pas udh nikah,gmn y?Misal jdwl vaks.3: 2Nov,tp 6Sept nikah.Apa antara 6 Sept-2Nov itu blh berhbgn/hamil?efek ke vaksin bgmn?Atau better vacc stlh nikah saja ya dok?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Infeksi virus HPV penyebab kanker serviks menular lewat hubungan seksual, karena itu seksualitas perempuan pun menjadi salah satu faktor yang penting. Karena itu pula, vaksinasi sebaiknya dilakukan sebelum perempuan tersebut aktif secara seksual. Apakah anda sudah pernah melakukan hubungan seksual sebelumnya?

Apabila belum pernah, maka tidak masalah jika anda vaksin sebelum menikah walaupun jadwal vaksin ke 3 setelah anda menikah/ pernah berhubungan seksual.

Namun jika anda sudah pernah melakukan hubungan seksual sebelumnya, maka sebaiknya terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan pap smear. Pap smear dilakukan untuk melihat apakah ada perubahan seluler pada leher rahim yang dapat menjadi awal perkembangan kanker leher rahim. Pap smear dianjurkan untuk dilakukan sebelum vaksinasi pada perempuan yang sudah aktif secara seksual. Pada keadaan tersebut, terdapat kemungkinan sudah terjadi infeksi HPV atau bahkan terjadi perubahan seluler awal kanker, sehingga vaksinasi pun tidak lagi bermanfaat.

Dosis pemberian dibagi dalam 3 dosis: 0, 2 dan 6 bulan. Vaksin ini bisa didapat di RS atau klinik dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Diskusikanlah kembali mengenai rencana vaksinasi tersebut dengan dokter anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar