Sukses

Dampak Minum Susu Kedelai Bagi Pria
21 Feb 2016, 20:23 WIB
Wanita, 45 tahun.

Selamat siang dok, maaf mau tny, ini mengenai estrogen, saya alergi terhadap susu sapi, sehingga saya minium susu kedelai. biasanya saya jarang minumnya, tapi akhir2 ini saya malah sering mengkonsumsinya, dan sy pernah searcha katanya klu pria kelebihan estrogen akan mengalami pembesaran payudara sampai kemandulan. memang sampai saat ini sy belum mengalami gejala tersebut, tapi apakah saya harus mulai membatasi minum susu kedelainya, atau berpindah ke mengkonsumsi yogurt aja? Thx

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Walaupun kedelai mengandung banyak nutrisi baik yang berguna untuk kesehatan, seperti menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan merupakan pengganti susu sapi yang baik (bagi penderita alergi susu sapi). Namun Pria sekiranya harus berhati-hati bila terlalu sering / rutin atau banyak mengkonsumsi kedelai.

Pasalnya kandungan phytoestrogen pada kedelai dapat menghambat enzim yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan hormone testoteron (hormone pria).

Penelitian terhadap pejantan hewan-hewan juga telah banyak dilakukan, baik dari belalang sampai dengan cheetah. Dari penelitian-penelitian tersebut didapati bahwa kedelai mengakibatkan para pejantan ini kurang percaya diri, kurang agresif, hasrat seksual menurun, dan jumlah sperma  pun berkurang.

Dampaknya pada manusia terlihat lebih lambat daripada pada hewan. Tapi tetap saja berdampak negatif jika kedelai secara rutin diberikan pada pria.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar