Sukses

Pinggang Keseleo
11 Nov 2015, 20:38 WIB
Wanita, 35 tahun.

Ada 2 pertanyaan: 1. Saya sering keseleo di bagian pinggul/pinggang belakang. Bgmana penanganannya dan pencegahannya 2. Ketika bak, bagian perut bawah terasa nyeri terutama katika air seni terakhir keluar. Kenapa dan bagaimana dok? Terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda kami akan terlebih dahulu membahas mengenai keseleo.

Per definisi, keseleo atau dalam medis disebut sprain merupakan teregangnya atau robeknya ligamen (yaitu jaringan ikat yang menghubungkan dua atau lebih tulang dalam sebuah sendi). Sprain dapat disebabkan oleh jatuh, terpelintir, atau tekanan pada tubuh yang menyebabkan tulang pada sendi bergeser sehingga menyebabkan ligamen teregang atau bahkan robek. Biasanya, sprain terjadi pada keadaan seperti saat orang terjatuh dengan bertumpu pada tangan. Gejala yang dapat dirasakan jika seseorang mengalami sprain adalah nyeri, bengkak, memar, tidak stabil, dan hilangnya kemampuan untuk menggerakkan sendi. Meskipun sprain dapat muncul baik pada bagian tubuh atas maupun bawah, Namun tempat paling sering terjadinya sprain adalah pada pergelangan kaki atau tangan.

Rasanya kurang tepat jika yang anda keluhkan adalah 'keseleo di bagian pinggul/pinggang belakang'. Untuk memastikan diagnosis keluhan Anda, kami sarankan Anda mengunjungi dokter umum atau dokter spesial bedah tulang untuk wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik langsung dan pemeriksaan penunjang. Dokter mungkin memerlukan informasi tambahan dari pemeriksaan rontgen tulang belakang Anda untuk mengetahui ada atau tidaknya cedera yang serius.

Berikut artikel mengenai meredakan nyeri yang dapat Anda baca:

 

Mengenai Nyeri ketika BAK pada umumnya disebabkan oleh adanya infeksi pada saluran kemih atau terdapat peradangan pada saluran kemih. Sejak kapan keluhan tersebut dirasakan? Apakah ada keluhan lain yang dirasakan seperti anyang-anyangan? Warna urin yang berwarna kuning pekat bisa menjadi pertanda dehidrasi atau kurangnya konsumsi cairan.

Kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut agar mengetahui penyebab dari nyeri BAK yang Anda rasakan. Pengobatan akan disesuaikan dengan penyebab dari nyeri BAK yang Anda alami.

Apabila benar terdapat infeksi saluran kemih, maka dokter akan memberikan pengobatan antibiotik, serta mengevaluasi penyebab dasarnya untuk mencegah kekambuhan, apakah karena kurang minum, sering menahan kemih, infeksi kemaluan, batu saluran kemih, dsb. Adapun yang dapat Anda lakukan sendiri sebagai tindakan pencegahan adalah:

  • Konsumsi air putih dalam jumlah banyak setiap harinya (lebih kurang 1,5-2 liter/hari)

  • Hindarilah kebiasaan menahan kemih

  • Jagalah kebersihan daerah kemaluan

  • Hindari perilaku seksual tidak sehat, seperti berhubungan bebas. Berhubungan seksual secara bebas dapat meningkatkan risiko terjadinya penularan infeksi daerah kemaluan, diantaranya gonorea, sifilis, bahkan HIV AIDS.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar