Sukses

Bulimia dan Anoreksia
27 Apr 2015, 22:56 WIB
Wanita, 16 tahun.

Mengapa seseorang bisa bulimia dan anorexia nervosa? Bagaimana sistem pencernaan dari tiap penderita penyakit tersebut? Dan darimana sumber gizi yang mereka dapatkan?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Bulimia adalah kelainan pola makan yang sering terjadi pada wanita. Kelainan tersebut biasanya merupakan suatu bentuk penyiksaan terhadap diri sendiri. Yang paling sering dilakukan orang dengan bulimia nervosa adalah membuat dirinya muntah dengan sengaja (paksaan) seperti dengan memasukkan jari ke mulut agar memancing reflek muntah. 

Terapi yang dapat dilakukan untuk mengatasia bulimia diantaranya :

  1. Terapi obat-obatan seperti antidepresan

  2. Konseling terapi, konseling terapi yang dapat dilakukan terdapat 2 jenis, yaitu CBT (cognitive-behavioral therapy) dam IPT (interpersonal psychotherapy). PAda terapi CBT akan menekankan bagaimana menghilangkan pikiran negatif terhadap makanan, terhadap tubuh Anda, dan terhadap diri Anda. Terapi ini akan berusaha untuk mengubah kepercayaan Anda terhadap sesuatu. Sedangkan IPT akan membahas mengenai hubungan antara makan dan bagaimana yang terjadi setelahnya.

Tujuan dari CBT antara lain :

  • Menggunakan konseling gizi untuk membantu Anda memiliki kebiasaan makan tiga kali, dua kali camilan sehari dan menghindari diet yang tidak sehat . 

  • Mengurangi kekhawatiran tentang berat badan Anda dan bentuk badan Anda. 

  • Mengurangi pemicu makan berlebihan 

  • Mengembangkan rencana mengatasi  kekambuhan di masa depan yang tepat

Tujuan dari IPT adalah bagaimana mengubah hubungan perasaan satu kali makan dan bagaimana membuangnya.

Apabila kondisi bulimia Anda parah dan banyak memuntahkan makanan terlebih cairan, ditakutkan dapat terjadi kondisi dehidrasi. Dehidrasi merupakan gejala kekurangan cairan di dalam tubuh yang ditandai antara lain dengan lemas dan berdebar-debar. Terdapat gejala lain yang harus mendapat pertolongan segera seperti perlukaan pada esofagus. Apabila Anda mengalami salah satu kearah keluhan tersebut sebaiknya segera mengunjungi dokter.

Anoreksia nervosa (AN) adalah sebuah gangguan makan yang ditandai dengan penolakan untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan rasa takut yang berlebihan terhadap peningkatan berat badan akibat pencitraan diri yang menyimpang. Pencitraan diri pada penderita anoreksia nervosa dipengaruhi oleh bias kognitif (pola penyimpangan dalam menilai suatu situasi) dan memengaruhi cara seseorang dalam berpikir serta mengevaluasi tubuh dan makanannya

Apakah  gejala yang Anda rasakan serupa dengan gejala yang dijelaskan di atas? Apabila keluhan sudah cukup mengganggu kualitas kehidupan Anda, untuk penatalaksanaan lebih lanjut,  sebaiknya Anda dapat menghubungi dokter spesialis psikiatri dan penyakit dalam. 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar