Sukses

Berat Badan Semakin Turun

21 Feb 2016, 20:10 WIB
Wanita, 24 tahun.

Salam.. dok,saya mau konsultasi untuk ayah saya. Beliau umur 61 dan menderita penipisan selaput pada lambungnya. untuk makanan yang dikonsumsi menurut saya sudah memenuhi gizinya, namun berat badan semakin turun. apakah makanan tersebut tidak bs terserpl sempurna oleh tubuh? dan apakah diperlukan suplemen tambahan makanan? Terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya, perlu diketahui informasi lain seperti, Sejak kapan ayah Anda mengalami penurunan berat badan? Apakah terdapat penurunan berat badan yang drastis dalam beberapa bulan terakhir ini? Bagaimana dengan menu makanan ayah Anda, apakah sudah memenuhi standar gizi yang dibutuhkan? Bagaimana aktivitas ayah Anda sehari-hari?

Jika pola makan dan olahraga ayah Anda sudah baik, bagaimana dengan pola aktivitasnya?

Pada dasarnya, yang menyebabkan berat badan seseorang tidak bertambah adalah karena asupan energi yang lebih rendah dari kebutuhan sebenarnya, sehingga energi cadangan Anda dalam bentuk lemak akan digunakan. Penyebab lain adalah karena metabolisme tubuh yang cepat (biasanya merupakan faktor keturunan). Sedangkan penurunan berat badan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya:

  • Diet
  • Aktifitas fisik berlebih, yang tidak sesuai dengan asupan energi)
  • Penyakit : tuberculosis (TBC), hipertiroid, diabetes, kanker(keganasan)

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan, antara lain:

  • Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal.
  • Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak makanan sumber energi dan protein dari biasanya seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu. 
  • Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang sulit atau terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit secara teratur sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.
  • Istirahat yang cukup agar energi Anda tidak banyak terbuang percuma.
  • Memperbanyak minum air putih.

Untuk memastikan penyebab ayah Anda mengalami kehilangan berat badan pada beberapa waktu terakhir, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Karena untuk menyingkirkan berbagai kemungkinan penyebab, diperlukan pemeriksaan menyeluruh mulai dari wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan tambahan untuk menunjang diagnosis. Dengan mengetahui diagnosis dan penyebab penurunan berat badan, maka rencana terapi yang tepat akan lebih mudah ditetapkan. Apabila diperlukan, dokter mungkin akan merujuk ayah Anda kepada dokter spesialis Gizi untuk membantu dalam pengolahan diet yang sesuai dengan kebutuhan ayah Anda.

Anda dapat mengunjungi Rubrik Gizi yang kami miliki untuk panduan beberapa jenis makanan dan kalorinya. Selain itu Anda juga dapat memperhatikan label makanan pada setiap kemasan untuk mengetahui jumlah kalori dan kandungan nutrisi pada setiap produk makanan yang Anda beli.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar