Sukses

Nyeri Betis Setelah Olahraga

15 Nov 2015, 21:30 WIB
Pria, 21 tahun.

sebelumnya saya minta maaf kalo salah kategori, saya gatau ini masuk kategori mana soalnya. yang saya mau tanyakan, kenapa setiap saya habis lari, betis saya kaki kanan dan kiri terasa sakit sekali seperti ketarik gitu padahal saya sudah melakukan pemanasan terlebih dahulu.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan. Pada saat beraktivitas tubuh akan membutuhkan energi. Demikian juga pada otot, untuk membentuk suatu gerakan, otot akan menggunakan energi yang dipasok oleh pembuluh darah. Ketika aktivtas adalah aktivitas yang berat atau diakukan terus menerus tanpa istirahat, maka kebutuhan energi akan semakin banyak dan pasokan darah tidak cukup untuk memenuhinya. Akhirnya otot akan menggunakan energi cadangan yang tersimpan pada lemak disekitarnya. Penggunaan energi cadangan ini akan memberikan produk sisa yang akan menyebabkan rasa pegal atau kram yang pada sebagian orang diartikan sebagai rasa sakit.

Otot betis adalah otot yang bekerja paling berat pada kegiatan-kegiatan yang Anda sebutkan diatas, sehingga wajar jika Anda merasakan keluhan terlebih dahulu pada daerah tersebut. Dalam menangani hal ini, umumnya tdak diperlukan obat-obatan karena keluhan akan mereda setelah istirahat.

Namun Jika keluhan tersebut berlangsung terus menerus disertai intensitas nyari yang semakin bertambah, ada baiknya Anda memeriksakan diri kepada dokter terdekat untuk mencari adanya kemungkinan penyebab lain dari keluhan yang Anda sampaikan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar