Sukses

Nyeri Payudara Saat Haid & Darah Haid Sedikit

28 Apr 2015, 16:05 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok saya mau bertanya payudara saya terasa sakit jika tersentuh dan diputing saya juga sakit dan linu jika tersentuh, lalu menstruasi saya pada bulan ini dihari pertama sedikit sekali dan dihari ke 2&3 sudah hampir bersih, apakah sakit dipayudara saya karena menstruasi yang saya alami tidak normal?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memamahami kekhawtiran Anda. Apakah ada gejala lain seperti kulit payudara kemerahan, bengkak, nyeri saat disentuh, demam, payudara teraba panas?

Nyeri pada payudara disebut dengan mastalgia, dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari peradangan payudara, trauma, tumor, dan akibat menstruasi. Peradangan pada payudara biasanya ditandai oleh warna kemerahan pada payudara, sakit saat disentuh. Trauma disebabkan oleh benturan yang mengenai payudara. Tumor ditandai oleh benjolan pada payudara, yang sebenarnya jarang menimbulkan keluhan nyeri pada awal dari perjalanan penyakit. 

Selain gangguan di atas, menstruasi sendiri dapat menyebabkan keluhan nyeri pada payudara. Biasanya wanita pernah mengalami nyeri pada payudara saat periode haid sebelumnya. Nyeri biasanya terjadi pada kedua payudara, dan menghilang setelah haid selesai. 

Jadi terkait dengan keluhan Anda, bisa saja berhubungan dengan periode menstruasi yang Anda alami saat ini dan itu termasuk kedalam keadaan yang wajar. Namun jika keluhan yang Anda alami terus berlanjut kami sarankan Anda untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

 

Jumlah menstruasi yang sedikit dapat dipengaruhi oleh perubahan hormonal. Perubahan tersebut dapat berupa fluktuasi normal. Hal ini juga dapat dipengaruhi keadaan tertentu seperti stress fisik dan emosional atau pun karena pengaruh diet yang kurang bernutrisi. Apakah Anda sedang mengalami keadaan tersebut?

Berapa harikah haid Anda? Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, dengan lama haid 2-8 hari dan keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Jika siklus menstruasi masih dalam kisaran waktu di atas maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun, untuk mengatasi kekhawatiran Anda sebaiknya Anda memeriksakan kondisi tersebut ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Berikut terdapat artikel untuk menambah informasi dan pengetahuan Anda :

 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 
Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar