Sukses

Keluar Nanah & Darah dari Penis

28 Apr 2015, 15:40 WIB
Wanita, 24 tahun.

Permisi dok saya mau tanya. sudah 2 bulan mr. p saya selalu keluar nanah & kadang2 keluar darah, rasa tebakar saat kencing, selalu pengen BAB klo sesudah buang air kecil & gatal2 di sekitar mr. p saya,,, padahal yang berhubungan cuma dengan istri saya, penyakit apa ya dok? ISK, Gonore, atau sipilis.? Tolong di jawab ya dok. Terimak kasih atas respon nya.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda saat ini adalah keluar cairan nanah dari penis dan nyeri saat BAK, kendati perlu dipastikan dengan pemeriksaan langsung, namun keluhan yang Anda alami dapat mengarah ke Gonorrhoeae atau Gonore. Gonore adalah suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae yang pada umumnya ditularkan melalui hubungan seksual atau kontak secara langsung dengan eksudat yang infektif, seperti penularan yang dilakukan ibu pada bayinya ketika proses melahirkan.  

Apakah Anda pernah berhubungan seksual tanpa menggunakan pengaman sebelumnya?

Penyakit yang lebih sering menyerang  pria remaja-dewasa muda ini memiliki masa inkubasi 2-5 hari. Pada wanita waktu inkubasi dapat berlangsung lebih lama dan sulit untuk diperkirakan karena tidak menimbulkan gejala.

Berikut adalah gejala klinis penyakit Gonore yang sering dikeluhkan penderita :

  • Gatal dan panas pada saluran kemih
  • Nyeri saat BAK
  • Keluar cairan kental berwarna keruh dari saluran kemih, dengan atau tanpa darah
  • Nyeri saat ereksi
  • Pembesaran kelenjar getah bening di selakangan.

Dari cerita yang Anda jelaskan, terdapat beberapa gejala yang Anda alami. 

Diagnosa Gonore dapat dipastikan melalui analisa laboratorium cairan kelamin. Apabila diagnosa sudah terkonfirmasi, tata laksana berupa pemberian antibiotik harus segera diberikan. Penting diketahui bahwa terapi tidak hanya diberikan pada penderita, namun juga pasangan seksual dalam jangka waktu 2 bulan sebelum gejala muncul atau pasangan seksual terakhir apabila dalam kurun waktu 2 bulan tidak aktif berhubungan seksual. Penderita pun diwajibkan untuk tidak melakukan hubungan seksual selama masa terapi. Langkah ini wajib dilakukan untuk menghentikan rantai penularan, mengurangi gejala dan kemungkinan terjadinya gejala sisa.

Kami sarankan Anda untuk segera memeriksakan diri ke Dokter agar pemeriksaan fisik dan penunjang dapat segera dilakukan.

Berikut adalah beberapa langkah pencegahan agar terhindar dari penyakit Gonore:

  • Berhubungan seksual dengan satu pasangan (tidak berganti pasangan seksual)
  • Hindari hubungan seksual dengan seseorang yang ditengarai sering berganti pasangan
  • Gunakan pengaman (kondom) saat berhubungan seksual.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga penjelasan ini dapat dipahami.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar