Sukses

Diet Sehat

28 Apr 2015, 15:32 WIB
Pria, 34 tahun.

Dok saya lagi ubah pola mkn menjadi hanya 1 kali sehari.jam 9/10 pagi..sesudahnya saya hanya meminum asupar air putih..kira2 secara medis aman gk..walau memang badan terasa lebih ringan

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di Klikdokter.com 

Terkait dengan pertanyaan Anda, apakah diet yang Anda lakukan sudah aman atau tidak? jawabannya tidak aman, karena pola makan Anda hanya satu kali dan melewatkan makan siang serta makan malam dan hanya diisi dengan air putih saja. Air putih memang baik untuk kesehatan namun bukan sebagai pengganti asupan makanan. 

Diet yang baik harus memperhatikan Pola makan dan aktifitas fisik. 

Pola Makan 

Pola makan yang harus dilihat adalah: Jumlah makanan, Jenis Makanan dan Jadwal makanan.

  • Jumlah makanan disesuaikan dengan umur, jenis aktifitas seseorang. 
  • Jenis makanan tetap harus memperhatikan asupan karbohidrat, protein, lemak, sayur, buah. Yang dianjurkan adalah makanan karbohdirat rendah indeks glikemik, tinggi protei, rendah lemak jenuh, tinggi serat untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral untuk tubuh. 
  • Jadwal makanan harus memperhatikan waktu yang tidak boleh dilewatkan salah satunya, saat diet tetap harus makan pagi, makan siang dan makan malam. 

Olahraga 

Olah raga yang dapat diterapkan adalah yang bersifat aerobik seperti lari, renang, bersepeda ataupun yang bersifat pembentukan seperti plank, push up, dan latihan beban. Jika Anda melakukannya secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3x/minggu, ditunjang dengan pola makan seimbang, tentunya akan ada perubahan pada berat tubuh Anda. Intinya adalah kedisiplinan yang tinggi.

Hilangkan keinginan Anda untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat, karena penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan. Penurunan berat badan yang wajar adalah sekitar 0,5 kg/minggu atau 2-2,5 kg/bulan.

Berikut judul-judul artikel yang dapat Anda baca untuk menambah informasi mengenai berat badan ideal, cara menurunkan berat badan dan jenis makanan sehat yang dapat Anda coba masukkan dalam menu sehari-hari:

Anda dapat mengunjungi Rubrik Gizi yang kami miliki serta menggunakan Health Tools:Kalkulator Kalori untuk menghitung kebutuhan kalori Anda.

Semoga usaha menurunkan berat badan Anda berhasil.

Salam,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar