Sukses

Keperawanan Wanita

28 Apr 2015, 14:35 WIB
Wanita, 32 tahun.

Siang Dok, Saya seorang ibu punya anak 3 orang. Saya mau nanya mengenai selaput dara. Akhir-akhir ini saya sering cekcok dg suami, saat adu mulut suami saya sll mengungkit masalah dulu, yaitu ketika malam pertama katanya selaput dara saya sudah robek dan dia yakin saya pernah berhubungan badan dg org lain sblm dg dia, padahal saya berani bersumpah kalo saya tidak pernah berhubungan badan. Saya mau bertanya, bagaimana saya meyakinkan suami saya kalo saya tdk pernah berhubungan badan dg org lain sblm dia? Mohon bantuan dokter menjelaskan ttg jenis-jenis selaput data. Terimakasih..

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com 

Untuk mengetahui seseorang wanita pernah berhubungan seks atau tidak, salah satunya dapat dilakukan pemeriksaan pada himen atau selaput daranya.  Himen merupakan membran tipis yang ada di dekat bukaan vagina, bagian tengahnya bolong sehingga darah menstruasi dapat keluar. Sebetulnya, himen perempuan dapat robek walau tidak melakukan hubungan intim, yaitu karena kecelakaan, aktivitas seperti naik kuda, senam, bersepeda, penggunaan tampon, masturbasi. Bahkan ada juga perempuan yang tidak memiliki himen. Himen dapat robek tanpa disertai rasa sakit, ataupun disertai perdarahan.

Karena itu, walaupun himen yang utuh mengindikasikan bahwa perempuan itu masih perawan, namun himen yang tidak utuh bukan berarti ia tidak perawan. Ada juga keadaan dimana perempuan sudah berhubungan intim, namun himennya masih utuh, yang disebut himen yang elastis. Karena itu konsep yang perlu digunakan di sini adalah keperawanan hilang saat seseorang melakukan hubungan intim. 

Untuk mengetahui apakah himen masih utuh atau tidak walau sudah pernah melakukan hubungan intim sebetulnya dapat diperiksa sendiri, yaitu dengan menggunakan cermin. Namun, hal itu sulit dilakukan dan sebaiknya dilakukan oleh tenaga medis terlatih. Dokter umum dapat memeriksa dengan cara melihat langsung bagian depan kemaluan/vagina.

Variasi bentuk selaput dara bermacam-macam, ada yang seperti bulan sabit atau selaput bundar yang berlubang atau seperti setengah lingkaran. Pada beberapa kasus, struktur selaput dara dapat sangat tebal sehingga ketika hendak melakukan hubungan seksual, selaput dara tidak dapat robek dan menyebabkan nyeri. Selaput dara yang sifatnya seperti ini dapat membutuhkan prosedur medis supaya dapat dirobek dengan baik.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa himen dapat robek tanpa disertai perdarahan maka hubungan intim pada malam pertama tidak selalu harus disertai dengan perdarahan.

Selain itu tidak ada perbedaan secara fisik yang dapat diamati untuk menentukan apakah wanita tersebut masih perawan atau sudah pernah berhubungan intim. 

 

Untuk informasi lengkap Anda, kami sertakan artikel: 6 Mitos Malam Pertama

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar