Sukses

Payudara nyeri Bila disentuh dan Darah Haid Sedikit

21 Feb 2016, 18:05 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok saya mau bertanya, di sekitar payudara dan puting saya terasa sakit jika tersentuh dan bagian puting saya terasa perih jika tersentuh juga, penyebabnya kenapa ya dok? Lalu menstruasi saya di hari pertama hanya sedikit sekali dan di hari ke 2&3 sudah hampir bersih, itu kenapa ya dok? Apakah sakit di payudara saya di akibarkan oleh menstruasi yang tidak normal seperti itu? Sekian dan terimakasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah kondisi ini baru anda alami atau sudah pernah sebelumnya? apakah nyeri payudara dan puting yang sensitif anda alami terjadi pada saat tertentu (menjelang atau saat Haid) atau tidak dipengaruhi waktu?

Nyeri payudara atau sensitif terhadap sentuhan dapat disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi pada tubuh, hal ini merupakan wajar terjadi pada masa pertumbuhan. Namun, bila nyeri yang anda rasakan terus menerus dan disertai gejala lain (timbul benjolan, perubahan kulit payudara, keluar cairan dari puting, dsb) maka anda perlu segera memeriksakan diri kepada dokter.

Untuk pertanyaan anda berikutnya, sebenarnya lama haid 3-5 hari tidak masalah untuk kesuburan walaupun jumlah darah yang keluar adalah sedikit. Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Jika siklus menstruasi masih dalam kisaran waktu di atas maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun, untuk mengatasi kekhawatiran Anda sebaiknya Anda memeriksakan kondisi tersebut ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Berikut terdapat artikel untuk menambah informasi dan pengetahuan Anda :

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar