Sukses

Nyeri Perut Bawah Sebelah Kanan

07 Jan 2016, 19:33 WIB
Pria, 23 tahun.

dok, tanya.. pacar saya usia 22 tahun, dia ada keluahan perut bawah sebelah kanan katanya agak nyeri sakit, dia katanya sering nahan buang air kecil soalnya harus menyelesaikan pekerjaannya dulu. apa gara-gara itu jadi sakit ya dok? solusinya atau obatnya apa ya dok? mohon bantuannya.. terimakasih..

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Mohon maaf, sebelumnya perlu kami informasikan bahwa ekonsultasi online tidak dapat menggantikan konsultasi langsung dengan dokter karena terbatasnya data yang anda berikan dan tidak dilakukannya pemeriksaan fisik. Dan Kami bukan merupakan praktek dokter,sehingga Kami pun tidak dapat memberikan resep karena alasan yang sama. Ekonsultasi online adalah ekonsultasi untuk membantu masyarakat memahami penyakitnya dan apa yang terjadi pada dirinya sesuai dengan prinsip kami yaitu Komunikasi, Informasi, dan Edukasi. Bukan untuk meresepkan obat dan mendiagnosa penyakit.

Sulit untuk memastikan penyebab nyeri perut bawah yang pasangan Anda alami tanpa melakukan pemeriksaan langsung. Begitu banyak penyebab yang dapat menimbulkan keluhan nyeri perut bawah. Posisi perut di kiri bawah terdiri dari kulit, otot, jaringan lemak dan penunjang, usus besar ataupun organ perkemihan.

Salah satu gangguan dari organ diatas dapat menyebabkan keluhan nyeri perut kiri bawah. Apabila disertai dengan gangguan BAB maka terdapat masalah pada sistem pencernaan misalkan dapat terjadi IBS (Irritable Bowel Syndrome) atau Inflammatory Bowel Disease (IBD). Sedangkan organ yang terletak di antara perut kiri bawah dan paha terdiri dari ureter dan organ pencernaan (usus). Sedangkan organ tubuh yang terletak di perut bagian kanan bawah, mulai dari kulit, otot, saraf, dan usus. Dari beberapa organ tersebut, memang penyebab tersering timbulnya keluhan nyeri perut kanan bawah adalah akibat adanya peradangan pada usus buntu (appendisitis).

Mengingat keterbatasan kami dalam melakukan pemeriksaan fisik, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh. 

Sekian, semoga membantu.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar