Sukses

Keluhan Ingin Pingsan

28 Apr 2015, 13:15 WIB
Pria, 59 tahun.

Mau nanya kalau tiba tiba seperti mau pingsan itu dikarenakan apa trim dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di Klikdokter.com 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda adalah rasa ingin pingsan. Namun jika bisa diperjelas, keluhan seperti apa yang Anda rasakan saat ini? apakah sudah pingsan atau lemas atau pandangan kabur tiba-tiba? 

Pingsan dapat merupakan gejala yang terjadi karena gangguan pada sistem metabolik, sistem saraf atau psikologis. Untuk mengetahui penyebabnya perlu dilakukan wawancara medis mendetil dan pemeriksaan lengkap. Berapa lama Anda pingsan? Apa saja pemicu pingsan Anda? Berapa jarak waktu antar pingsan yang Anda alami? Adakah sumber stress tertentu yang saat ini mengganggu Anda?

Jika hasil pemeriksaan fisik dan penunjang Anda tidak menunjukkan adanya kelainan maka perlu dicurigai adanya faktor psikologis dari keluhan pingsan yang disebut dengan gangguan psikosomatis.

Gangguan psikosomatis adalah terjadinya keluhan fisik namun tidak ditemukan adanya gangguan fisikal yang dapat menjelaskan penyebab dari keluhan tersebut. Sindroma ini diklasifikasikan sebagai bagian dari neurotik, gangguan yang berkaitan dengan stres, dan gangguan somatoform oleh World Health Organization. Keluhan Anda mengarah ke psikosomatis bila tidak ditemukan kelainan baik fisik maupun pemeriksaan fisik dan penunjang pada Anda. Selain itu keluhan Anda tidak membaik dengan berbagai obat-obatan yang sudah diberikan.

Pengobatan psikosomatis merupakan integrasi berbagai bidang ilmu seperti psikiatri, psikologi, neurologi, dan berkaitan dengan bidang keluhan Anda yaitu penyakit dalam. Sebelumnya harus dicari terlebih dahulu apa pencetus dari psikosomatis ini, apakah faktor stres, depresi, atau penyakit kronik yang membuat seseorang menjadi depresi (kanker, asma, ulkus peptikum, stroke) atau malah ketakutan bila mengidap penyakit tertentu.

Saat ini kami sarankan Anda mengunjungi dokter penyakit dalam terlebih dahulu kemudian dokter spesialis psikiatri untuk konsultasi lebih lanjut dan pemberian obat. Dokter akan membantu Anda dengan mendengarkan keluhan Anda dan membantu Anda mencari penyelesaian yang tepat untuk keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar