Sukses

Anak Batuk Sampai Muntah
15 Nov 2015, 21:12 WIB
Wanita, 5 tahun.

Dok anak sy saat ini minum PHP BMT Morinaga n saat anak sy batuk n smpi muntah sy berobat kedokter spa n kbtln jg dokter trsbt spesialis alergi lalu stlh berobat dokter menyuruh sy utk mengganti su2x menjdi su2 ISOMIL apakah anak sy bs balik lg kesu2 PHP BMT Morinaga dok n knp klu sdh batuk smpi muntah...tq dok.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

 Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Batuk yang keras dan sering memang dapat menyebabkan anak muntah karena memicu gag reflex (refleks muntah) dan tekanan pada daerah perut. Batuk yang lama/berulang pada anak dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah karena reaksi alergi, terutama bila batuk berupa batuk kering. Pada anak jika tidak terdapat demam maupun sesak, kemungkinan batuk tidak disebabkan oleh proses infeksi.

Kemungkinan dokter yang memeriksa anak Anda pun berpendapat bahwa batuk hingga muntah tersebut disebabkan oleh alergi, terutama alergi susu sapi, sehingga ia mengganti susu anak Anda menjadi susu formula soya yang dapat digunakan sebagai alternatif susu formula bagi anak alergi yang sudah berusia enam bulan ke atas.

Menurut panduan alergi susu sapi, anak akan mengonsumi susu hipoalergenik / susu soya selama enam bulan, lalu dites kembali, apakah alerginya sudah memasih reda ataukah ada. Jika sudah reda, anak Anda dapat kembali mengonsumsi susu yang biasa dikonsumsi sebelumnya. Namun jika masih ada, ia akan mengonsumsi susu hipoalergenik / susu formula soya tersebut.

Bagaimana keadaan anak Anda setelah mengonsumsi susu soya tersebut? Apakah batuk dan muntahnya sudah berkurang / mereda? Jika belum, kami sarankan agar Anda membawa anak kembali berkonsultasi kepada dokter tersebut, karena sebagian kecil dari anak yang alergi susu sapi juga mengalami alergi terhadap susu soya, sehingga diperlukan alternatif susu lain sebagai penggantinya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar