Sukses

Jarak Ideal Usia Anak
15 Nov 2015, 20:49 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok,saya novi mau tanya tentang kehamilan,anak pertama saya berumur 25 bulan,saya ingin punya anak lagi dan riwayat saat melahirkan operasi cesar lebih baik saya punya anak lagi saat anak saya umur berapa ya? Biar kesehatan saya dan psikis anak saya gak terganggu saya takut kalau dia ada rasa cemburu.thanks

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Idealnya diberikan jarak 3 tahun sebelum memberikan adik untuk si kecil. Hal ini disebabkan pada 3 tahun pertama merupakan saat perkembangan anak yang paling penting. Karena itu, lebih baik perhatian orang tua difokuskan dulu pada buah hati pertama ini.

Untuk itu mempersiapkan kesehatan tubuh sebelum memasuki kehamilan adalah yang terbaik. Berikut ini adalah persiapan bagi Anda yang merencanakan kehamilan:

  1. Lakukan medical check up sebelum merencanakan kehamilan
    Sebelum Anda merencanakan kehamilan, dianjurkan agar Anda terlebih dahulu berkonsultasi dan melakukan medical check-up untuk mengetahui kesehatan reproduksi Anda.
  2. Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila ingin hamil.
  3. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami).
  4. Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas, Menurut The Center for Disease Control(CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.
  5. Ketahui masa subur Anda, dan lakukan hubungan intim 3x/minggu dengan posisi misionaris (pria di atas).

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar